Thursday, December 1, 2022
HomeKapal Induk Beijing Akan Berpatroli Di Laut Cina Selatan

Kapal Induk Beijing Akan Berpatroli Di Laut Cina Selatan

81-kapal-induk-beijing-berpatroli-di-laut-cina-selatan
Kapal Induk Liaoning milik Tiongkok yang berasal dari era Soviet. Sumber: AFP/Xinhua

“Jika pihak Amerika mengirim pesawat dan kapal mereka ke perairan Laut Cina Selatan, Tiongkok tidak akan mampu melawan karena mereka belum punya kapasitas tempur udara yang dapat melawan tantangan semacam itu,” kata Chu.

Profesor Chu juga mengatakan pesawat tempur Tiongkok akan membutuhkan waktu sekitar sejam untuk berangkat dari pangkalan udara terdekat di Pulau Hainan ke wilayah selatan Laut Cina Selatan.

Kebebasan Angkatan Laut AS dalam bernavigasi dan beroperasi di berbagai wilayah perairan di dunia membuat Beijing merasa peluncuran kapal induk di Laut Cina Selatan adalah sebuah keharusan demi melanjutkan usaha mereka. Sebelumnya, kapal tempur AS diketahui pernah berpapasan dengan pulau buatan Tiongkok, Oktober kemarin.

BACA JUGA :  Pentagon Jual Bom Pintar BLU-109 Ke Turki Senilai 9 Triliun

Kapal induk pertama buatan Tiongkok sedang dibangun oleh kontraktor Dalian Shipyard di provinsi Liaoning. Kapal ini akan bergabung dengan satu-satunya kapal induk Tiongkok hingga saat ini, yakni Kapal Liaoning, yang berasal dari era Uni Soviet.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

80-kapal-royal-navy-kawal-kapal-tempur-satgas-rusia-2

[FOTO] Pengawalan Royal Navy Inggris Terhadap Armada Kapal Satgas Rusia

0
Hobbymiliter.com - Badan Penerangan Departmen Pertahanan Inggris menerbitkan foto-foto operasi pengawalan armada kapal perang Rusia yang melewati perairan Britania pada hari Jumat, 15 Oktober...

Recent Comments