Menhan RI Ryamizard Ryacudu Laksanakan Simbolis Penerimaan Helikopter Apache
Menhan RI Ryamizard Ryacudu Laksanakan Simbolis Penerimaan Helikopter Apache.Sumber : rilis resmi TNI

HobbyMiliter.com – Resmi, Indonesia Terima Helikopter Apache Dari AS. Pada tanggal 15 Mei 2018 atau tepatnya dua hari yang lalu, telah diserah terima kan sebanyak 8 unit helikopter serang AH-64E Apache Guardian dari Amerika Serikat ke Indonesia. Dikutip dari media informasi pertahanan dan keamanan internasional Jane’s 360, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau disingkat TNI AD menyelenggarakan upacara serah terima unit – unit helikopter tersebut di Lanumad (Pangkalan Udara Utama TNI Angkatan Darat) Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah.

Upacara serah terima helikopter serang buatan Amerika Serikat ini dihadiri oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu beserta Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M. Selain melaksanakan upacara serah terima secara simbolis, juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima atau BAST terhadap keseluruhan 8 unit helikopter serang AH-64E Apache Guardian tersebut.

Baca juga :   Aljazair Resmi Membeli 12 Unit Sukhoi Su-34 Fullback Dari Rusia

Dari total keseluruhan 8 unit helikopter serang AH-64E Apache Guardian yang dibeli oleh Indonesia, dikabarkan 4 unit diantaranya akan dilengkapi dengan perangkat “konde” radar AN/APG-78 Longbow. Nantinya, selain ditempatkan di Semarang, sebanyak 4 unit helikopter serang buatan Amerika Serikat tersebut juga akan ditempatkan di wilayah Kepulauan Natuna untuk melindungi salah satu wilayah kepulauan terluar milik RI tersebut. Penempatan unit – unit helikopter serang ini juga sekaligus secara politis mengindikasikan niatan Indonesia untuk mempertahankan wilayah kedaulatannya sekaligus juga mempertahankan wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE Natuna yang diklaim secara sepihak oleh Tiongkok / China dalam peta barunya (9 garis putus – putus atau Nine Dash Line).

Baca juga :   Foto Anggota Detasemen Penyelamatan

Hadirnya helikopter serang AH-64E Apache Guardian dalam inventaris Penerbangan Angkatan Darat atau Penerbad membuat Indonesia menjadi negara pertama di wilayah Asia Tenggara yang mengoperasikan dua jenis heli serang darat yang berbeda, yakni Mil Mi-35 P dan AH-64E Apache Guardian. Helikopter serang darat buatan Amerika Serikat yang baru dibeli Indonesia ini mampu untuk menjalankan misi dukungan tembakan bagi pasukan darat. Selain membawa kanon M230E1 Chain Gun, ia juga dapat dibekali dengan roket FFAR kaliber 70 milimeter, serta rudal anti tank AGM-114 Hellfire.