Friday, June 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterType 003 Kapal Induk Baru Milik PLAN Segera Diluncurkan

Type 003 Kapal Induk Baru Milik PLAN Segera Diluncurkan

Hobbymiliter.com – Type 003 Kapal Induk Baru Milik PLAN Segera Diluncurkan. China diperkirakan akan segera meluncurkan kapal induk baru nya yang ke tiga yakni Type 003 yang saat ini telah hampir selesai dibangun di sebuah galangan kapal di wilayah Shanghai, China. Galangan kapal Jiangnan Shipyard yang berada di Shanghai, hampir selesai membangun kapal induk baru bagi Angkatan Laut Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army – Navy atau disingkat PLAN,Red) dan berdasarkan beberapa foto satelit yang telah beredar sejak tanggal 14 Juni 2022, tepatnya hari Selasa lalu, area dok yang digunakan untuk membangun kapal induk terbaru milik PLAN ini telah mulai dibanjiri dengan air laut. Selain posisi dok yang telah mulai dibanjiri dengan air laut, dari gambar hasil foto satelit tersebut, dapat dilihat pula bahwa rangkaian bendera dan dekorasi telah terpasang di badan kapal dan area anjungan kapal induk terbaru milik PLAN tersebut.

BACA JUGA :  Foto Kapal Tunda Baru TNI-AL, TD Anjasmoro

Meski demikian belum diketahui secara pasti kapan kapal induk terbaru milik PLAN tersebut akan diluncurkan secara resmi. Beberapa analis pertahanan internasional menduga bahwa peluncuran kapal induk baru ini mungkin sudah terjadi pada tanggal 15 Juni 2022, hari dimana presiden China sekaligus Sekjen Komite Sentral Partai Komunis China, Xi Jinping, berulang tahun. Bila demikian adanya, maka peluncuran kapal induk tersebut akan menjadi kado ulang tahun yang sangat menyenangkan hati Xi Jinping selaku pemimpin rakyat China. Namun, beberapa pihak juga berspekulasi bahwa bisa jadi peluncuran kapal induk baru bagi PLAN ini dilaksanakan pada hari Jum’at ini, 17 Juni 2022.

Type 003 yang oleh China sendiri belum diberi nama secara resmi, akan menjadi kapal induk terbesar yang berhasil dibuat oleh industri pertahanan dalam negeri China hingga saat ini sekaligus menjadi kapal induk pertama yang akan menggunakan sistem peluncuran pesawat berbasis CATOBAR (Catapult Assisted Take Off, Barrier Arrested Recovery). Sistem peluncuran pesawat berbasis CATOBAR ini yang membedakan kapal induk Type 003 dengan dua kapal induk yang sebelumnya telah dioperasikan oleh PLAN yakni Type 001 Liaoning dan Type 002 Shandong. Hadirnya kapal induk berbasis CATOBAR bagi Angkatan Laut Pembebasan Rakyat China ini juga meningkatkan kemampuan serta kapabilitas dan jenis pesawat apa saja yang dapat lepas landas dari kapal induk mereka. Tak hanya itu, diperkirakan nantinya Type 003 akan memiliki komposisi Wing Tempur Udara yang berbeda dari kapal induk sebelumnya karena kapal ini akan diperlengkapi dengan pesawat jet tempur siluman J-35 alias FC-31 versi Angkatan Laut yang oleh masyarakat internasional sering disebut sebagai “KW-nya F-35”. Selain membawa jet tempur siluman, diperkirakan Type 003 juga akan membawa unsur pesawat peringatan dini KJ-600 yang lagi-lagi memiliki tampilan fisik yang mirip dengan pesawat E-2 Hawkeye yang digunakan oleh Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Serangan Boko Haram Tewaskan 13 Orang Di Barat Laut Nigeria

Diperkirakan Type 003 akan membawa komposisi alutsista yang mirip dengan apa yang akan dibawa oleh kapal induk milik AS kedepannya. China diketahui tengah berusaha mengejar dan menyamakan posisi serta kapabilitas kekuatan militernya dengan militer Amerika Serikat di kawasan Asia-Pasifik. Diperkirakan, kapal induk terbaru milik PLAN tersebut akan mulai beroperasi pada tahun 2024. Dengan hadirnya Type 003 maka praktis China akan memiliki tidak kurang dari tiga gugus tempur kapal induk atau Carrier Vessel Battle Group (CVBG,Red).

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

68-tiongkok-kembangkan-antonov-225

Tiongkok Resmi Kembangkan Antonov 225 Milik Ukraina Sebagai Peluncur Antariksa

0
Hobbymiliter.com - Ukraina mengatakan bahwa pihaknya akan menyuplai unit pesawat terbesar di dunia, Antonov 225 kepada Tiongkok dalam kurun lima tahun ke depan. Pesawat AN-225...
Patroli perbatasan di tanah Papua

Patroli di Tanah Papua

Recent Comments