Thursday, April 18, 2024
HomeTiongkok Salahkan Filipina Atas Polemik Laut Cina Selatan

Tiongkok Salahkan Filipina Atas Polemik Laut Cina Selatan

3-tiongkok-salahkan-filipina-dalam-sengketa-laut-cina-selatan
Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Liu Zhenmin. Sumber: Gettyimages

Dalam putusan Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, disimpulkan bahwa Beijing sudah bertindak berlebihan dengan memancing sengketa dan melanggar kedaulatan maritime Filipina. Tiongkok juga dituduh telah menghancurkan terumbu karang, serta menghambat kegiatan penambangan dan perikanan.

Namun, Tiongkok memboikot putusan tersebut dengan mengatakan bahwa mereka berhak atas pulau di perairan tersebut beserta seluruh zona ekonomi eksklusifnya, karena aktivitas warganegaranya di laut tersebut sudah berlangsung lebih dari 2000 tahun lamanya.

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan negaranya “tidak terima” dengan putusan tersebut, sembari menambahkan bahwa Tiongkok “dalam segala situasi, tidak akan terpengaruh atas ‘hadiah’ tersebut.”

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

77-inggris-gunakan-kemampuan-perang-siber-di-mosul

Bantu Sergap ISIS di Mosul, Inggris Gunakan Kemampuan Perang Siber

0
Hobbymiliter.com - Menteri Pertahanan Inggris Sir Michael Fallon menerangkan bahwa Inggris punya andil dalam membantu Irak merebut kembali Mosul dari tangan ISIS, yakni berupa...

Recent Comments