Thursday, June 30, 2022
HomeTiongkok Salahkan Filipina Atas Polemik Laut Cina Selatan

Tiongkok Salahkan Filipina Atas Polemik Laut Cina Selatan

3-tiongkok-salahkan-filipina-dalam-sengketa-laut-cina-selatan
Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Liu Zhenmin. Sumber: Gettyimages

Dalam putusan Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, disimpulkan bahwa Beijing sudah bertindak berlebihan dengan memancing sengketa dan melanggar kedaulatan maritime Filipina. Tiongkok juga dituduh telah menghancurkan terumbu karang, serta menghambat kegiatan penambangan dan perikanan.

Namun, Tiongkok memboikot putusan tersebut dengan mengatakan bahwa mereka berhak atas pulau di perairan tersebut beserta seluruh zona ekonomi eksklusifnya, karena aktivitas warganegaranya di laut tersebut sudah berlangsung lebih dari 2000 tahun lamanya.

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan negaranya “tidak terima” dengan putusan tersebut, sembari menambahkan bahwa Tiongkok “dalam segala situasi, tidak akan terpengaruh atas ‘hadiah’ tersebut.”

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-15 USAF dari pangkalan di Islandia mencegat patroli Bear

F-15 Eagle: Penjaga GIUK Gap

0
HobbyMiliter.com - Lautan antara Pulau Greenland dan Kepulauan Inggris Raya (UK) merupakan jalur utama yang digunakan oleh armada bomber dan pesawat pengintai maritime Soviet (dan...

Recent Comments