Wednesday, November 30, 2022
HomeTurki Ajukan Permintaan Resmi Kepada AS Untuk Mengekstradisi Fethullah Gulen

Turki Ajukan Permintaan Resmi Kepada AS Untuk Mengekstradisi Fethullah Gulen

Delegasi AS pernah bertemu dengan pemerintah Turki di Ankara untuk membahas pemulangan Fethullah Gulen. Sumber: Reuters
Delegasi AS pernah bertemu dengan pemerintah Turki di Ankara untuk membahas pemulangan Fethullah Gulen. Sumber: Reuters

“Amerika Serikat tidak punya kepentingan apapun untuk melindungi siapa saja yang mengganggu sekutu kami. Tidak ada,” kata Biden. “Namun, kami perlu menyesuaikan diri dengan aturan standar hukum yang berlaku di negara kami,” tambahnya.

Turki menuduh pendukung Gulen yang tersebar di tubuh birokrasi sipil dan militernya sudah menjalankan “negara pararel” selama bertahun-tahun dengan dikomando oleh Fethullah Gulen sendiri. Namun imam besar yang pernah menjadi guru spiritual Erdogan tersebut menolak klaim dari pemerintah Turki.

Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Yasin Aktay mengatakan keengganan Washington untuk memulangkan Gulen “tidak dapat diterima.”

BACA JUGA :  CornerShot: Senjata Andalan dari Balik Tembok

“Sangat aneh menurut kami, mengapa mereka (AS) tidak merasa yakin, padahal jangkauan bukti yang telah kami paparkan luas sekali,” kata Aktay.

Di Turki sendiri, ada banyak kasus pengadilan yang dialamatkan kepada Gulen dan masih mengalami penundaan. Inilah mengapa Turki kerap meminta agar AS melakukan ekstradisi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Indonesia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan Adakan Pertemuan Trilateral, Bahas Proyek Pesawat IFX

Indonesia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan Adakan Pertemuan Trilateral, Bahas Proyek...

0
Hobbymiliter.com - Berkaitan dengan proyek pengembangan pesawat tempur Korea Fighter Xperiment / Indonesia Fighter Xperiment (KF-X/IF-X), Indonesia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menggelar pertemuan...

Recent Comments