Wednesday, November 30, 2022
HomeAlutsistaRudalMengenal S-300PT & PS Varian Awal Dari S-300P.

Mengenal S-300PT & PS Varian Awal Dari S-300P.

Mengenal S-300PT & PS (SA-10 Grumble) Varian Awal Dari S-300P-Hobbymiliter.com. Belakangan ini nama sistem hanud S-300 mencuat kembali, utamanya pada konflik Nagorno-Karabakh dimana Azerbaijan menyerang situs hanud S-300 milik Armenia, lalu Armenia yang menggunakan S-300 ini untuk melindungi ibukota Yerevan dari gangguan UAV Azerbaijan.

Namun demikian dalam artikel ini penulis membidik dari segi sejarah dan awal mula sistem ini, lalu kurang lebih memberi “pengenalan singkat” tentang desain lalu batasan daripada sistahanud ini.  Illustrasi diatas menunjukkan peluncur 5P58 dari S-300 milik Armenia, sistem S-300 sendiri kurang lebih ditunjukkan di media.

BACA JUGA :  Warrior 2 AFV Sukses Lakukan Uji Tembak Persenjataan Tanpa Awak

Awal Mula SA-10 dan perdebatan disekelilingnya.

Sahibulhikayat. Inisiatif perancangan Sistem S-300 sendiri diawali pada tahun 1966, dimana Uni Soviet pada masa itu masih melakukan pengujian terhadap sistahanud jarak jauh S-200 (SA-5 Gammon). Konsep yang direncanakan pada masa itu adalah suatu sistem baru yang diharapkan mampu :

  • Menyerang beberapa sasaran sekaligus, yang terbang dalam berbagai ketinggian.
  • Mobilitas tinggi (Waktu persiapan baterai hingga siap menembak adalah 5 menit).
  • Standar dimana system ini dapat dimanfaatkan oleh Pasukan pertahanan udara negara (PVO-S), Pasukan pertahanan udara angkatan darat (PVO-A) dan Angkatan Laut.
BACA JUGA :  Sejarah Peristiwa Perang Ambarawa

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada 2 sistem yang diajukan yaitu S-300 dan S-500U. Dari kedua system tersebut, S-500U ditolak karena ia tidak mampu memenuhi kebutuhan PVO-A untuk system yang bisa menembak jatuh rudal balistik.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri

1
Subsonex JSX-2, Jet Pribadi Termurah Yang Bisa Dirakit Sendiri - HobbyMiliter.com. Pernah punya pertanyaan, berapa sih sebenarnya harga jet pribadi seperti yang sering dipakai...

Recent Comments