Friday, March 29, 2024
HomeTiongkok Peringatkan Jepang: Jangan Main Api di Laut Cina Selatan!

Tiongkok Peringatkan Jepang: Jangan Main Api di Laut Cina Selatan!

USS Lassen berpatroli bersama ROKS Socho di perairan Korea. Sumber: Reuters
USS Lassen berpatroli bersama ROKS Socho di perairan Korea. Sumber: Reuters

“Jika Jepang ingin melakukan patroli gabungan atau latihan gabungan di perairan yang masuk dalam administrasi Tiongkok, maka mereka sama saja seperti sedang bermain api. Militer Tiongkok tidak akan tinggal diam,” ujar jurubicara Kemenhan Tiongkok Yang Yujun dalam pertemuan pers singkat bulanannya.

Beijing mengklaim seluruh perairan Laut Cina Selatan adalah miliknya dan menolak mengakui klaim yang ditujukan oleh negara-negara di Asia Tenggara. Tiongkok juga berkali-kali telah memperingatkan Jepang untuk tidak ikut campur.

Namun sebagai sekutu utama Amerika Serikat di Asia Pasifik, Jepang terus memperkuat ikatan diplomatik dan militer dengan negara-negara ASEAN yang ikut menentang sikap arogansi Tiongkok. Kedua negara juga saat ini masih mempermasalahkan kepemilikan Laut Cina Timur dan pulau Senkaku/Diaoyu.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PNS Badr, Kapal Korvet MILGEM Ketiga Milik Pakistan Diluncurkan

PNS Badr, Kapal Korvet MILGEM Ketiga Milik Pakistan Diluncurkan

0
Hobbymiliter.com – Pakistan Navy Ship / PNS Badr, kapal perang dari jenis korvet MILGEM unit ketiga bagi Angkatan Laut Pakistan, resmi diluncurkan dalam sebuah...

Recent Comments