Friday, March 29, 2024
HomeBom Panci, Namanya Tak Seimut Hasil Ledakannya

Bom Panci, Namanya Tak Seimut Hasil Ledakannya

Bom panci sendiri sebenarnya memiliki istilah pressure cooker bomb. Artinya, tidak menggunakan sembarang panci, tetapi secara khusus menggunakan apa yang diistilahkan istri saya sebagai panci presto, alias panci masak bertekanan tinggi. Fungsi asasi panci bertekanan tinggi tersebut tentunya untuk memasak. Dengan memanfaatkan tekanan tinggi yang tercipta dari uap air didalam panci, pressure cooker tersebut dapat melunakkan daging dan tulang sapi, ayam, bandeng dan protein lainnya.

Bom panci sendiri digolongkan sebagai IED (improvised explosive device) alias alat peledak buatan sendiri. Konstruksinya simpel dan selain bahan peledaknya, bahan bahan lain seperti panci presto dan benda benda yang digunakan sebagai shrapnel mudah didapatkan. Secara sederhana, bisa dikatakan bom ini dibuat dengan memasukan bahan peledak dan shrapnel (pecahan logam, paku, mur dsb) ke dalam panci presto dan kemudian menempelkan blasting cap sebagai pemicu ledakan di luar panci presto tersebut. Jadilah bom panci.

BACA JUGA :  Sejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi Mapenduma

Konsepnya, ketika blasting cap memicu ledakan di dalam panci presto, energi dan tekanan yang tercipta ditahan oleh konstruksi panci presto (yang memang didesain untuk menahan tekanan udara dari dalam ketika memasak). Hingga pada satu titik, tekanan energi ledakan tersebut akan melampaui kemampuan panci presto tersebut untuk menahannya, sehingga panci pun pecah dan tekanan yang tercipta pun menghambur keluar. Akibatnya, energi yang tercipta dari ledakan awal didalam panci akan dilipatgandakan oleh tekanan yang keluar ketika panci meledak, sembari melontarkan semua bahan shrapnel yang telah disiapkan di dalam panci (paku, mur baut dsb). Serpihan paku, baut mur yang terlontar dari ledakan bom panci inilah yang berbahaya terutama bagi target soft seperti tubuh manusia. Dengan kecepatan tinggi karena didorong oleh tekanan dari dalam panci tadi, shrapnel tersebut bisa terlontar hingga 300-an meter. Efeknya ketika terkena tubuh manusia, lebih parah dari pada terkoyak peluru.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

9 COMMENTS

  1. masa sih sampai segitu hebat bom panci daya ledaknya, rudal paling canggih TNI aj Yakhont lebih dri 100kg HE isinya nggak segitu daya hancurnya, kapal 105meter cuma bolong lambungnya doang, jgn telan mentah2 informasi dri polisi bnyk lebay, slalu melebih2kn supaya mereka lebih hebat dri TNI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TGM-65 Maverick 1

Inilah TGM-65 Maverick, Rudal Latih Milik TNI AU

0
HobbyMiliter.com - Inilah TGM-65 Maverick, Rudal Latih Milik TNI AU. Pesawat tempur Hawk 109/Hawk 209 milik TNI AU telah dilengkapi dengan rudal udara ke...

Recent Comments