Profil Kopaska TNI AL, Pasukan Katak Andalan Indonesia

0
27156

Latihan Kopaska TNI AL

Kopaska TNI AL
Kopaska TNI AL

Layaknya sebuah pasukan elit, proses pendidikan bagi calon anggota Komando Pasukan Katak juga tergolong keras. Salah satu yang dianggap paling keras adalah tahap pendidikan berlabel minggu neraka. Model pendidikan ini diambil dari tradisi yang biasa diterapkan oleh tim demolisi AL AS (UDT).

Pada masa ini para siswa menjalani uji mental yang benar-benar berat. Tak ada jadwal yang diterapkan. Semua perintah diberikan secara mendadak. Tanpa pemberitahuan maupun ancang-ancang. Bisa saja perintah diberikan diwaktu istirahat malam atau ketika saat makan. Tingkat kerahasiaan perintah juga dibuat sedemikian rupa agar tak bocor ke tangan siswa.

Pengalaman pendidikan Kopaska mungkin bisa dijadikan gambaran nyata. Pada tahap akhir minggu neraka itu para siswa diwajibkan mendayung ke sebuah pulau dari Pantai. Kegiatan ini dilakukan tepat pukul 00.00 WIB. Begitu sampai tujuan mereka memang diperbolehkan melakukan makan malam yang dimasaknya sendiri.

Keadaan ini tak berlangsung lama. Tepat pukul 03.20 masing-masing tim diperintahkan untuk menyembunyikan perahu-perahu karet yang tadi dipakai menyeberang. Belum lagi tubuh puas beristirahat, selang 40 menit kemudian turun perintah kedua. Para siswa diwajibkan kembali ke Mauk dengan berenang. Bak sebuah operasi militer sungguhan, kegiatan ini dibuka dengan ledakan-ledakan TNI yang bertubi-tubi.

Logo Kopaska Pasukan Khusus TNI AL
Logo Kopaska Pasukan Khusus TNI AL

Dalam suasana gelap pekat tapi hiruk pikuk itu, para siswa diwajibkan berpikir cepat. Sebelum terjun ke laut mereka terlebih dahulu membidikkan kompas sembari menghitung kekuatan arus laut di pagi buta. Dingin, arus yang kuat adalah tantangan yang harus dihadapi dalam perjalanan ke pantai. Sebagai patokan navigasi maka cahaya lampu yang terdapat di lokasi tujuan bisa pula dijadikan patokan.

Begitulah profil singkat serta kemampuan yang dimiliki Kopaska sebagai unsur peperangan laut khusus TNI AL. Sesuai dengan motto Kopaska “Tan Hana Wighna Tan Sima”. Atau berarti “tiada rintangan yang tak dapat diatasi”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here