Thursday, April 25, 2024
HomeSatuan MiliterTNIProfil Kopaska TNI AL, Pasukan Katak Andalan Indonesia

Profil Kopaska TNI AL, Pasukan Katak Andalan Indonesia

Kopaska merupakan salah satu Pasukan Khusus TNI.
Kopaska merupakan salah satu Pasukan Khusus TNI.

Sepintas memang terasa mudah untuk melakukannya. Tinggal lemparkan saja perahu karet berbobot 300 kg yang berisi peralatan navigasi/komunikasi, alat selam, BBM dan senjata, dari perut pesawat. Lantas terjunkan saja pasukannya. Gampang bukan? Habis perkara.

Tapi itu pandangan awam. Agar sukses, operasi macam tadi sebenamya butuh jurus khusus. Sebagai gambaran, cara mengemas perahu karet agar bisa sampai pada titik penerjunan misalnya. Posisi dudukan buat payung mesti pas, supaya parasut bisa mengembang dengan sempuma. Ikatan tali temali pengemas juga dibuat sedemikian rupa. Simpulnya dibuat agar bisa lepas di air cukup dengan sekali potong saja.

BACA JUGA :  Foto Kapal Tunda Baru TNI-AL, TD Anjasmoro

Rampung? Tidak juga. Ketika proses pemuatan dimulai, posisi perahu harus benar. Haluan menghadap ramp-door, serta mesti sejajar dengan dinding kabin pesawat. Itu syarat yang tak bisa ditawar lagi. Selain itu, perahu juga mesti diikatkan pada papan beroda. Ini adalah upaya buat memuluskan pelontaran lewat pintu belakang pesawat.

Perahu karet terlontar sudah dari ketinggian sekitar 800 meter. Demikian pula dengan pasukan katak yang menyusul kemudian. Tapi lagi-lagi disini muncul kendala yang tak bisa dianggap enteng. Pasalnya untuk mencari titik pasti jatuhnya perahu karet tidaklah gampang. Begitu mendarat di permukaan laut, perahu
bisa saja hanyut maupun tertutup gelombang. Alhasil, sang pasukan mesti punya insting sehebat elang buat mengidentifikasi lokasi perahu.

BACA JUGA :  Surefire High Capacity Magazine - Magasen Gambot Andalan Kopaska

Invasi Komando Pasukan Katak ke Pulau Nasi Lawan GAM

Kopaska Indonesia
Kopaska Indonesia

Selain penerjunan perahu karet, komando pasukan katak juga punya kemampuan serbuan pantai. Kemampuan model begini pernah dibuktikan ketika TNI menggelar penyerbuan ke sarang GAM di Pulau Nasi beberapa tahun lalu. Dalam operasi tersebut Kopaska menurunkan dua kapal tipe Sea Raider.

Kopaska, Pasukan Katak TNI AL
Kopaska, Pasukan Katak TNI AL

Asal tahu saja, Sea Raider yang merupakan perahu spesial rancangan Inggris itu dijejali lebih dari 20 orang pasukan katak. Mereka bertugas membersihkan pantai Pulau Nasi dari segala rintangan. Termasuk juga dari penghadangan pasukan GAM.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

32-rusia-kembangkan-robot-tempur-berukuran-tas-ransel

Rusia Kembangkan Unit Robot Tempur Berukuran Tas Ransel

0
Hobbymiliter.com - Pabrikan senjata Rusia, KB Integrated Systems (KBIS) telah mengembangkan sebuah unit robot tempur yang memiliki ukuran muat ke dalam tas ransel. RS1A3 Mini Rex...
Latihan VBSS TNI-AL.

Foto Latihan VBSS

Recent Comments