Friday, April 26, 2024
HomeIntelijen AS Berhasil Ungkap Markas Hacker Militer Tiongkok

Intelijen AS Berhasil Ungkap Markas Hacker Militer Tiongkok

Intelijen AS Berhasil Ungkap Markas Hacker Militer Tiongkok
Kompleks Hotel Jintiang di Beijing yang disebut sebagai markas peretas militer Tiongkok. Sumber: Detachment of Asian Studies (US Army)

Amerika Serikat menyalahkan satuan militer Tiongkok sebagai biang keladi atas bocornya catatan pekerja federal di jaringan Kantor Manajemen Personalia AS. Dalam kurun dua tahun belakangan, tercatat badan kepegawaian pemerintah tersebut harus merelakan 21,5 juta lembar catatan jatuh ke tangan Tiongkok. Departemen Kehakiman AS juga telah         mendakwa lima orang peretas PLA dengan tuduhan melakukan serangan cyber terhadap perusahaan-perusahaan AS.

Hacker militer Tiongkok biasanya menggunakan konsep “spear-fishing” sebagai metode serangannya.  Konsep tersebut memanfaatkan email bodong untuk mengelabui pengguna supaya tidak curiga saat membuka malware yang mampu melakukan penetrasi ke jaringan komputer berskala besar.

BACA JUGA :  Korea Utara Uji Coba Rudal Nuklir Hwasong-15

Ujicoba dari US Army juga mencatat bahwa pengunjung tetap dapat memesan kamar di kedua hotel diatas. Namun, jika dicari dari situs pemesanan kamar hotel online, maka pengguna akan diberitahu bahwa kedua hotel tersebut sudah tak lagi beroperasi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

70-vietnam-dukung-intervensi-amerika-serikat-di-asia-pasifik-1

Diacuhkan Filipina, Militer AS Semakin Mesra Dengan Vietnam

0
Hobbymiliter.com - Vietnam mendukung sepenuhnya “intervensi” yang dilakukan oleh Amerika Serikat di kawasan Asia Pasifik demi menjaga perdamaian dan stabilitas disana. Demikian disampaikan oleh...

Recent Comments