Sunday, February 5, 2023
HomeBlog MiliterKapal Selam Rudal Balistik Tiongkok Ini Mampu Targetkan AS dari Laut Cina...

Kapal Selam Rudal Balistik Tiongkok Ini Mampu Targetkan AS dari Laut Cina Selatan

Tipe 094A (atas) memiliki beban angkut yang lebih besar dan fitur siluman yang lebih canggih. Sumber: Covert Shores

Meskipun Tipe 094 versi orisinil dianggap lebih bising (dan kurang berdaya tahan) ketimbang kapal selam tipe serupa yang dimiliki US Navy (Ohio SSBN), Tipe 094A milik PLAN kemungkinan akan menambahkan teknologi peredam akustik. Lebih penting lagi, Tipe 094A membawa rudal balistik kapal selam (ditengarai sebagai JL-2A) yang memiliki jarak tempuh 11.200 kilometer.

Rudal JL-2 (secara harfiah berarti Tsunami) yang ditengarai dipakai dalam kapal selam Tipe 094A. Sumber: Covert Shores

Mengingat jarak tempuh yang begitu jauh, rudal ini secara teoritis mampu menjangkau seluruh wilayah Amerika Serikat tanpa harus meninggalkan Pangkalan Laut Yulin di Pulau Hainan yang notabenenya dijaga ketat Armada Selatan Tiongkok.

BACA JUGA :  Latar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Kemampuan kapal selam Tipe 094A untuk mencapai target secara global secara sembunyi-sembunyi di area pertahanan laut Tiongkok akan memberi Beijing keuntungan besar dalam mengeksekusi serangan susulan manakala terjadi kontak senjata, terutama senjata nuklir.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

42-india-siap-bersitegang-dengan-pakistan

Menhan India: Kami Sepenuhnya Siap Bersitegang Dengan Pakistan

0
Hobbymiliter.com - Di tengah meningkatnya ketegangan antara India dan Pakistan, Menteri Pertahanan India Manohhar Parrikar mengatakan negaranya “sudah sepenuhnya siap untuk berkonflik.” “Kami sudah sepenuhnya...

Recent Comments