Thursday, April 25, 2024
HomeRahasia Mengapa Militan ISIS Mampu Hancurkan Tank Leopard 2 Milik Turki di...

Rahasia Mengapa Militan ISIS Mampu Hancurkan Tank Leopard 2 Milik Turki di Suriah

Laporan alutsista Turki yang rusak di Suriah. Sumber: twitter.com/BBassem7

“Selama pertempuran di kota Al Bab di Suriah, kendaraan tank Leopard milik Turki yang notabenenya sudah berusia 30 tahun kerap dihujani tembakan senapan anti-tank di bagian belakang. Kadang-kadang, juga di bagian samping. Disinilah kendaraan lacak berukuran besar semacam tank menjadi tidak berdaya. Para prajurit perang tentu setuju bahwa pertempuran di daerah perkotaan tidak bisa disamakan dengan pertempuran di lapangan terbuka atau area yang belum dikembangkan, dimana tank umumnya bertempur dari jarak 2 atau 3 kilometer.

Menurut laporan dari majalah berbahasa Jerman Europäische Sicherheit & Technik (Teknologi dan Keamanan Eropa), tank Leopard tergolong rentan karena tidak dilengkapi perlindungan tambahan semacam lapisan baja reaktif, yang mampu bereaksi dan mengurangi dampak benturan senjata. Leopard juga tidak memiliki sistem perlindungan aktif (APS) untuk menyerang balik ancaman musuh, seperti halnya sistem Trophy APS yang pernah digunakan oleh tank-tank Israel saat perang melawan Lebanon tahun 1982.

BACA JUGA :  Pesawat Militer China Kembali Masuki Ruang Udara Taiwan

Kendati membuat tank lebih tahan terhadap serangan, lapisan baja reaktif dan APS akan membuat bobot tank jauh lebih berat.

Kementerian Pertahanan Jerman mengungkapkan kepada surat kabar Die Welt bahwa versi Leopard 2 terbaru yang diberi kode nama A7V, saat ini sedang diperkenalkan kepada tentara Jerman. Versi tersebut diperlengkapi dengan perlindungan yang lebih tinggi ketimbang A4 milik Turki yang saat ini sudah dipensiunkan oleh angkatan bersenjata federal Jerman (Bundeswehr).

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan

Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan

0
Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan - HobbyMiliter.com - Unit pertama dari empat unit pesawat tanker multi peran Airbus...

Recent Comments