Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterMelirik Kesaktian Tank Leopard 2RI TNI AD

Melirik Kesaktian Tank Leopard 2RI TNI AD

Berat nanoceramic ini menurut standar proteksi NATO STANAG 4569 masuk dalam Level 3 atau 4/ AEP 55 Level 3. Lapisan AMAP dibuat dan ditata menyerupai blok AMAP-B (Ballistic) yang dipasang di side skirt, glacis, serta di seluruh sisis kubah termasuk pangkal larasnya. Blok-blok ini ditrancang menggunakan sistem engsel agar mudah untuk dibuka, dilepas, serta saat perawatan. Meskipun struktur dari panel AMAP terlihat kotak, sebenarnya tak ada isinya. Ruang kosong berfungsi untuk menyebarkan energi dan inti panas dari ledakan agar tidak menembus lapisan asli dari tank. Lampu depannya  tetap menggunakan bentuk aslinya yang bulat dan dipasang di bagian glacis, berbeda dengan lampu LED yang sudah ditanam di glacis pada paket revolution.

Di atas glacis juga dilengkapi dengan SAS (Situational Awareness System) yang terdiri dari kamera yang memiliki kemampuan night vision sehingga driver mampu melihat lebih jelas di kegelapan. Saktinya lagi, AMAP-B dipasang di bagian depan saja, tidak sampai ke belakang. Pada Leopard 2RI hanya dipasangi kit track cadangan di bagian kiri. Paket Revolution dilengkapi dengan slat armor atau pelindung untuk menghalau hantaman RPG-7, tetapi kemampuan ini tak terdapat pada Leopard 2A7. Di bagian kanan terdapat sebuah kotak yang kemungkinan adalah inlet dari APU (Auxiliary Power Unit), yaitu mesin diesel cadangan yang mampu memutar kubah. Leopard 2RI bisa beroperasi dengan diam-diam ketika mengintai target, dengan cara mematikan mesin utama lalu menggunakan APU yang memiliki suara lebih tenang. Dengan begitu heat signature Leopard 2RI akan turun drastis dan lawan tak mampu mendeteksi suara dari Leo 2RI. Pengembangan Leopard 2SG yang ditingkatkan ke standar Evolution oleh Krauss Maffei Wagmann tidak mempunyai fasilitas APU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pasukan T Ronggolawe bersama Letnan de Waard dari Belanda saat penyerahan Wonosobo

Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pejuang Pelajar

2
HobbyMiliter.com - Pasukan T Ronggolawe, Pasukan Pemuda Pelajar Jaman Perjuangan. Menjelang kekalahan Pasukan Jepang, beberapa pemuda pelajar di Semarang membentuk Gabungan Sekolah Menengah Semarang...

Recent Comments