Wednesday, March 27, 2024
HomeBlog MiliterSubmarine Command Team Trainer: Simulator Awak Kapal Selam Buatan Rheinmetall

Submarine Command Team Trainer: Simulator Awak Kapal Selam Buatan Rheinmetall

HobbyMiliter.com – Submarine Command Team Trainer: Simulator Awak Kapal Selam Buatan Rheinmetall. Rheinmetall Defence tak hanya terkenal di kalangan pemasok kendaraan lapis baja dan kanon PSU (Penangkis Serangan Udara) saja, tapi juga pernah dipercaya oleh TNI AL untuk merancang Submarine Command Team Trainer (SCTT) untuk keperluan pelatihan awak Korps Hiu Kencana. Sejalan dengan pemesanan kapal selam Nagapasa Class (alias Changbogo Class) dari Korea Selatan, berbagai macam persiapan juga ikut ditingkatkan, termasuk pelatihan awak kapal selam menggunakan simulator.

BACA JUGA :  Rusia Akan Produksi Pesawat Sukhoi SU-35 Untuk Indonesia

submarine simulator 2

SCTT ini diletakkan di Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur (Kolatarmatim), Surabaya. Untuk membangun instalasi simulator bagi awak kapal selam, pengadaan SCTT terbagi menjadi tiga tahap. Rheinmetall Defence pernah menunjukkan sistem SCTT saat Indo Defence 2014 yang lalu. Tahap pertama dari SCTT adalah Cubicle Sonar, merupakan simulator untuk komponen navigasi sonar. Pada Cubible Sonar ini juga dilengkapi dengan satu unit server simulator, 2 unit Instructor Control Console, dan 12 display monitor yang bertujuan untuk mengontrol jalannya misi latihan dalam berbagai situasi pertempuran. Disamping itu, terdapat 6 unit Sonar Console Simulator yang bertujuan sebagai console operator sonar untuk mendeteksi serta menganalisa propagasi bawah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

C-295 AEW, pendatang baru di pasar AWACS

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

0
Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Recent Comments