Ujian Kesabaran

CETC YLC-8/8A VHF Band Long Range 2D Surveillance Radar
CETC YLC-8/8A VHF Band Long Range 2D Surveillance Radar

Operator SAM SA-2 Guideline/S-75 Dvina PLAAF yang baru lulus ini sudah gatal untuk membuktikan hasil training mereka, tapi apa daya, sudah 2 minggu semenjak combat ready tidak terjadi apa apa. Tidak satupun pesawat RoCAF yang melintas. Ketegangan mulai dirasakan pada tanggal 1 hingga 4 Oktober 1959, pada peringatan 10 tahun Deklarasi RRC. Diharapkan, diperkirakan akan ada pesawat mata mata musuh yang melintas, tapi ternyata lewat dari tanggal tersebut tidak satupun “tamu tidak diundang” yang datang.

Tiba tiba, pagi hari tanggal 5 Oktober, sebuah pesawat terdeteksi terbang dari arah Taiwan dan masuk ke ruang udara RRC di provinsi Fujian. Radar RRC mulai men-tracking penerbangan gelap tersebut mengarah ke Nanking. Pesawat tempur PLAAF pun di-scramble tetapi karena pesawat sasaran terbang di ketinggian di atas 20 ribu meter, fighter PLAAF praktis hanya mampu membayangi jauh di ketinggian rendah dan tidak dapat mencegat sasaran tersebut.

Reruntuhan D-21: Tidak hanya B-57, U-2 dan D-21 pun pernah kena tembak di China
Reruntuhan D-21: Tidak hanya B-57, U-2 dan D-21 pun pernah kena tembak di China

Sementara sasaran terus bergerak hingga melewati Sungai Yangcy dan berjarak 500Km dari Beijing. Sistem SAM mulai disiapkan dan operator mulai berpikir bahwa inilah saatnya pembuktian dari latihan intensif yang sudah dijalani selama ini. Tetapi mendadak sasaran berbelok mengarah ke Shanghai dan terbang menjauh dari Beijing tanpa pernah masuk ke dalam jarak tembak system SAM baru PLAAF.

Pemerintah dan PLAAf tentu kecewa belum bisa membuktikan kehandalan system SAM baru tersebut. Tapi di atas segalanya, mereka khawatir, jangan jangan entah bagaimana, adanya SAM dan posisi penempatan mereka sudah bocor ke tangan musuh. Namun setelah berbagai pertimbangan, mereka memutuskan tidak membuat perubahan dan menunggu kesempatan lain untuk menembak jatuh pesawat penerbangan gelap musuh. Suatu keputusan yang baik dan benar. [Bersambung ke halaman berikutnya]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here