Sunday, June 16, 2024
HomeAlutsistaHelikopterMengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind

Mengenal Keluarga Besar Helikopter Tempur Rusia Mil Mi-24 Hind

Salah satu Hind yang dioperasikan negara Anggota NATO, Mi-24D Hind D milik AU Polandia.
Salah satu Hind yang dioperasikan negara Anggota NATO, Mi-24D Hind D milik AU Polandia.

Tapi memang pantas saja kalau Barat salah kira. Soalnya biro rancang heli Mil merombak habis-habisan bagian depan heli. Kaca kokpit yang tadinya berbentuk kotak diganti dengan dua kaca kokpit model bubble berjenjang. Alhasil bagian hidung heli kini tampak lebih ramping.

Bukanlah tanpa maksud pabrikan Mil melakukan perubahan. Dengan perombakan tadi maka soal proteksi awak heli bisa didongkrak. Hal ini terbukti dengan adanya penambahan lapisan baja antipeluru bagi pilot maupun gunner. Kelemahan pada Hind-A pun bisa dihilangkan.

BACA JUGA :  Pentagon Jual Bom Pintar BLU-109 Ke Turki Senilai 9 Triliun

Walau tak ekstrem, urusan senjata ada juga perubahannya. Sebagai senjata standar Hind-D mengadopsi kubah senapan mesin kaliber 12,7 mm empat laras yang ditempatkan di dagu pesawat, tepat dibawah posisi gunner. Kubah ini digerakkan secara otomatis. Sedang untuk tipe roket dan rudal, Hind-D masih setali tiga uang dengan Hind-A.

Mi-25

Mi-25 merupakan varian ekspor dari Mi-24 Hind-D. Selain negara-negara Pakta Warsawa, versi ini digunakan juga oleh Angkatan Bersenjata Afghanistan, India, Irak, Libya, Nicaragua, dan Syria.

Helikopter Tempur Mi-25 milik Afghanistan. Afghanistan menerima beberapa Mi-25 dari India.
Helikopter Tempur Mi-25 milik Afghanistan. Afghanistan menerima beberapa Mi-25 dari India.

Ditengarai, versi ini merupakan mongkey model dimana spesifikasi barang yang dijual ke sekutu Soviet ini tidaklah sama persis dengan yang digunakan Soviet sendiri. Artinya, lebih rendah speknya.

BACA JUGA :  Israel Tolak Bebaskan Wartawan Palestina Yang Mogok Makan

Mi-24V Hind-E

Tak hanya perombakan bodi saja yang membuat heli Hind bersalin kode. Berganti tipe mesin dan senjata yang diusung pun bisa. Hal semacam terjadi saat Mil melansir varian Mi-24V Hind-E.

Mil Mi-24V Hind milik AU Bulgaria
Mil Mi-24V Hind milik AU Bulgaria. Salah satu versi dari keluarga helikopter tempur Rusia Mil Mi-24 Hind.
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

8-serangan-di-kota-idlib-suriah-belasan-tewas

Pasca Gencatan Senjata, Pemerintah dan Pemberontak Suriah Saling Serang

0
Serangan udara bertubi-tubi yang menargetkan sebuah pusat pasar di kota Idlib, Suriah, serta serangan bom yang menargetkan daerah pusat provinsi Homs, telah membunuh belasan...

Recent Comments