Wednesday, March 27, 2024
HomeAlutsistaRudalVympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU

Tak percaya? Lihat saja contoh pada varian jet Su-30 dan Su-35 yang juga mengadopsi piranti serupa. Varian jet tempur ini bisa melakukan gerakan-gerakan yang tak masuk akal di udara. Itulah terobosan inovatif yang paling membuat analis Barat terperangah.

Kemampuan lain yang berhasil dibedah oleh Barat ada-lah soal jarak jangkau. Varian awal R-73A punya jarak jangkau target sampai 30 Km. Sementara untuk versi lan-jutannya R-73M, kemampuan tadi bisa terdongkrak jadi 40 Km.

Rudal R-73 alias AA-11 Archer
Rudal R-73 alias AA-11 Archer

Sssst…, kabarnya untuk R-73M, lawan yang berada dibelakang pesawatpun bisa dihantamnya (rear-hemisphere defence). Cuma kemampuan ini masih perlu pembuktian lebih lanjut.

BACA JUGA :  Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian 1)

Selain jarak, rudal ini dirancang untuk mampu ber-manuver hingga 12G. Kesaktian ini sebenarnya tak ada apa-apanya kalau dibandingkan rudal sejenis lain.

Sebut saja rudal Python 4 lansiran Rafael, Israel yang sanggup menahan manver extrem hingga 70G atau varian Sidewinder AIM-9M yang bisa bertahan hingga 35G.

Walau punya kelebihan dan kekurangan, toh kesaktian R-73 dianggap lebih dari sekadar cukup buat mempersenjatai semua varian jet tempur Sukhoi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Konsep Bima Suci

KRI Bima Suci, Kapal Latih TNI AL Pengganti KRI Dewaruci dan...

1
TNI AL tercatat mengoperasikan dua unit Kapal Layar Tiang Tinggi atau biasa disebut Tall Ship untuk melatih para kadet TNI AL mengenai materi dasar...
Dawn Komodo 2015

Dawn Komodo 2015

Recent Comments