Friday, April 26, 2024
HomeAlutsistaRudalRiwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Riwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Sea Cat memiliki makna penting dalam perjalanan alutsista TNI AL, merupakan rudal pertahanan udara pertama yang melengkapi kapal perang Indonesia. Frigat Van Speijk Class serta frigat Tribal Class merupakan 2 kapal perang milik TNI AL yang menyandang rudal ini.

Saat ini Sea Cat pada frigat Van Speijk tak digunakan lagi, dan perannya digantikan oleh rudal MANPADS (Man Portable Air Defence Systems) Mistral berpeluncur Simbad pabrikan MBDA. Meskipun tak digunakan, TNI AL masih berusaha untuk memperpanjang usianya, caranya dengan memodifikasinya, sehingga pada April 2011 yang lalu masih bisa diuji coba penembakkan oleh KRI Oswald Siahaan 354 ketika berlayar di Laut Jawa.

BACA JUGA :  Israel Berhasil Menyerang Damaskus, Ibu Kota Suriah Lagi

sea-cat2

Karena termasuk rudal keluaran tahun 60-an, Sea Cat merupakan rudal yang sangat battle proven, debutnya pada Perang Malvinas (Falkland) di tahun 1982, rudal ini bisa menjatuhkan jet tempur sekelas A-4 Skyhawk buatan Argentina. Pada jenis land platform (Tigercat), rudal ini juga digunakan pada Perang Pakistan dan India (tahun 1971) serta konflik perbatasan Afrika Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

15-isis-bisa-ekspor-senjata-kimia-ke-negara-barat

CIA: ISIS Akan Ekspor Senjata Kimia Ke Negara Barat

0
Hobbymiliter.com - Daesh alias ISIS alias ISIL banyak menggunakan senjata kimia dalam melakukan penyerangan. Kelompok militan tersebut juga mampu memproduksi bahan materi klorin dan sulfur...

Recent Comments