Sunday, July 21, 2024
HomeAlutsistaRudalRiwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Riwayat Rudal Sea Cat Karya Dislitbangal

Lahirnya sosok Sea Cat “Next Generation,” sudah go public di beberapa acara pameran alutsista di tahun 2014. Dengan bentuk mockup, Sea Cat buatan Dislitbangal berkelir warna hitam cukup menarik perhatian masyarakat. Kalau dilihat dari dimensinya, rudal Sea Cat buatan Dislitbangal memiliki panjang mencapai 2,6 meter serta berdiamater 0,225 meter.

Rudal ini memiliki dua buah wingspan, bagian depan memiliki lebar mencapai 0,403 meter serta wingspan bagian belakang memiliki diameter 0,612 meter. Untuk pembanding, Sea Cat original memiliki panjang hanya 1,48 meter serta diameter 0,22 meter. Wingspannya mencapai 0,70 meter.

BACA JUGA :  Foto Tertembaknya Penerbang Wanita A-10 Thunderbolt II oleh Rudal SAM Irak

Untuk tenaga penggeraknya, kedua rudal meskipun berbeda desain tetapi sama-sama menggunakan two stage solid fuel rocket motor. Untuk kecepatannya, uji lapangan membuktikan kedua Sea Cat masih dalam range subsonic, Sea Cat original memiliki kecepatan mencapai Mach 0,8 dan Sea Cat buatan Dislitbangal memiliki kecepatan Mach 0,915. Daya jangkaunya termasuk dalam jarak dekat, maksimal hanya mampu menarget sasaran sejauh 5.000 meter.

Dari segi sistem pandu (guided system), rudal buatan Dislitbangal mengadaptasi dari gimbal image processing yang dipasang pada moncongnya. Sedangkan Sea Cat original menggunakan sistem CLOS (Command Line-Of-Sight) serta radio link. Tapi sampai saat ini belum ada kemajuan dari proyek Sea Cat buatan dalam negeri itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia

Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia

0
Berbagai Sistem Ekonomi Indonesia - HobbyMiliter.com - Sistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi berpedoman pada Pancasila, dengan begitu Pancasila bersama Undang-undang Dasar 1945 secara...

Recent Comments