Friday, December 2, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurMengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Mengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Dalam Perang Falkland kehadiran Pucara memang tidak tepat mengingat musuh yang dihadapi, salah satunya adalah pasukan khusus Inggris, SAS. Pasukan elit ini diberi tugas utama,menghancurkan pesawat tempur Argentina dan untuk tugas itu mereka dibekali senjata taktis penangkal seperti rudal Stinger serta senapan mesin ringan antipesawat.

Namun demikian, terlepas dari kelemahan pesawar tempur ini karena berada di medan tempur yang tidak tepat, tetap mengambil peranan penting. Grupo 3  Argentina sebelum Perang Falkland meletus, pada 28 Mei 1982, justru telah merontokkan sebuah pesawat Royal Marine Scout Inggris, B-28. Insinden yang terjadi di Falkland Timur inilah yang mempopulerkan skadron tempur Pucara sekaligus memicu perang Falkland.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Singapura Kerahkan MV Swift Rescue Bantu Cari KRI Nanggala

0
Singapura Kerahkan MV Swift Rescue Bantu Cari KRI Nanggala - hobbymiliter.com . Pemerintah Australia menyatakan siap mengerahkan personel dan kapal untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan...

Recent Comments