Wednesday, May 29, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurMengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Mengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Dengan berbagai persenjataan itu, IA-58A Pucara mulai diperasikan FAA dan ditempatkan di Skadron Grupo 3 de Ataque, IX Brigada Aerea 4 Escuadron dan Grupo 4 de Ataque. Hingga 1988 lebih dari 100 unit Pucara telah diproduksi dan diekspor ke sejumlah negara pengguna. Antara lain Uruguay, Colombia dan Mauritania.

Tahun 1976 Pucara oleh FAA untuk pertama kalinya digunakan bertempur melawan gerilya komunis ERP yang bercokol di pedalaman Tucuman. Operasi ini terbilang sukses sehingga nilai ekspor Pucara mengalami peningkatan. Misalnya saja Uruguay sampai memesan Pucara dalam jumlah ratusan unit. Sejumlah negara seperti Maroko dan Venezuela ternyata lebih menyukai OV-10 Bronco dibanding Pucara sehingga penolakan mereka sempat menggoyahkan produksi Pucara.

BACA JUGA :  Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Saat perang Falkland usai tak hanya Argentina, Colombia, dan Uruguay saja yang mengopersikan Pucara. Inggris yang berhasil menyita 11 unit Pucara ternyata membawa pulang enam pesawat-pesawat bekas musuhnya yang masih laik itu dan difungsikan sebagai pesawat pampasan perang. Beberapa di antaranya lalu masuk museum dan ada juga yang dimiliki secara pribadi serta masih sering diterbangkan.

Pucara yang disita Inggris, saat ini di Museum RAF
Pucara yang disita Inggris, saat ini di Museum RAF

Pasca perang Falkland, Pucara dengan varian yang lebih canggih tetap diproduksi, yaitu IA-58C. Kemampuan Pucara varian terbaru ini terdapat pada kekuatan mesin yang lebih besar, perluasan ruang kokpit, penambahan perangkat avionik modern seperti Omega/VLF Navigation, minimalisir gas buang sehingga mengurangi penjejak infra merah dan lainnya. Sampai 1990-an Pucara masih dioperasikan oleh FAA. Sedangkan Uruguay yang memiliki ratusan Pucara bahkan mengoperasikannya hingga 1998.

BACA JUGA :  JF-17 Diklaim Battle Proven, Pakistan Keluarkan Foto Foto Reruntuhan Pesawat India

Salah satu pesawat Pucara war prize perang Falkland yang dibawa ke Inggris akhirnya menjadi koleksi museum dirgantara North East Aircraft, Sunderland , Inggris. Pucara dipajang sebagai pesawat yang mengingatkan saat Inggris dan Argentina bertempur di kepulauan Falkland.

Museum North East meskipun termasuk kecil telah memiliki sejumlah koleksi pesawat tempur. Di antaranya Avro Vulcan B2, De Haviland Fampire FB5, Bensen B7, North America F-1 OOD Super Sabre, Westland Gazelle, dan lainnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

41-rusia-akan-gunakan-pelacak-ranjau-terbaru

Rusia Akan Gunakan Pelacak Ranjau Terbaru Untuk Latihan Taktis 2016 Mereka

0
Hobbymiliter.com - Unit teknik rekayasa khusus milik Daerah Militer Timur Rusia akan mengaplikasikan teknologi detektor ranjau terbaru dan anjing pelacak untuk mencari peledak musuh....
Periskop pada MiG-29 UB.

Periskop di MiG-29UB

Recent Comments