Friday, May 27, 2022
HomeAlutsistaRudalMengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Mengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik

Mengenal Rudal CHAMP, Senjata Untuk Mematikan Perangkat Elektronik – HobbyMiliter.com – Pernahkah anda merasa jengkel dengan PLN yang tiba – tiba melakukan pemadaman listrik bergilir tanpa ada pemberitahuan sebelumnya? Atau pernahkah anda merasa emosi sekaligus panik ketika smartphone kesayangan anda tiba – tiba mati? sangat tidak menyenangkan bukan?

Nah, tahukah anda, bahwa ternyata, ada juga senjata yang dapat digunakan untuk mematikan secara permanen berbagai jenis peralatan elektronik? jika anda belum mengetahuinya, simak artikel singkat berikut yang akan membahas tentang profil senjata tersebut. Inilah kisah CHAMP, senjata untuk mematikan perangkat elektronika.

Rudal AGM86B ALCM, platform rudal yang mampu bawa sistem senjata CHAMP.
Rudal AGM86B ALCM, platform rudal yang mampu bawa sistem senjata CHAMP.
Sumber : military-today

Counter-electronics High Power Microwave Advanced Missile Project

Counter-electronics High Power Microwave Advanced Missile Project yang kemudian disingkat CHAMP, merupakan sebuah proyek senjata perang elektronika (pernika) non lethal yang dibangun oleh Amerika Serikat. Tujuan utama dari pengembangan senjata CHAMP ini adalah untuk membuat sebuah senjata pernika dengan kemampuan yang berbeda dari senjata – senjata pernika yang sudah ada dan telah digunakan secara umum.

BACA JUGA :  Pesawat Hawk TNI AU Upgrade Fitur Baru, Apa Itu?

Senjata – senjata pernika yang sudah ada dan digunakan secara umum oleh banyak militer dari banyak negara pada dasarnya memiliki konsep sebagai jammer yakni alat yang digunakan untuk mengganggu frekuensi, atau kinerja dari berbagai jenis perangkat elektronik dan digunakan secara temporer atau dalam jangka waktu tertentu dan jika jammer tersebut sudah dimatikan maka peralatan elektronik tersebut akan dapat berfungsi normal kembali.

Konsep jammer berbeda dengan konsep yang ditawarkan oleh CHAMP, sebuah senjata pernika generasi terbaru dengan kemampuan mematikan secara permanen segala jenis peralatan elektronika yang terkena pancaran gelombang mikro yang dipancarkannya. Sehingga meskipun perangkat CHAMP tersebut telah berhasil dihancurkan tetap tidak akan dapat memulihkan kembali perangkat elektronika yang diserangnya.

BACA JUGA :  Operation Lunik, Ketika AS Menculik Wahana Luar Angkasa Milik Uni Soviet

Jadi dapat dikatakan bahwa sebuah sistem senjata pernika CHAMP merupakan sistem senjata yang mampu merusak kan segala jenis sistem elektronika secara permanen dengan tanpa memberikan korban jiwa baik dipihak AS maupun di pihak musuhnya yang ia serang. Dengan kata lain, sistem senjata pernika tersebut mampu memberikan pukulan yang telak meskipun tidak terlihat secara kasat mata. Sistem ini telah dikembangkan oleh Amerika Serikat setidaknya sejak sekitar tahun 2010 lalu, dimana uji coba sistem senjata ini dilangsungkan pada tahun 2012 (yang terpublikasi,red) dengan hasil kesuksesan uji coba 100%.

Bagaimana Sistem Senjata CHAMP Bekerja?

Bagaimana Sistem Senjata CHAMP Bekerja.
Bagaimana Sistem Senjata CHAMP Bekerja.
Sumber : National Academies Press

Sistem senjata CHAMP bekerja dengan cara yang unik. Kompleks pemancar gelombang mikro ini dapat dipasangkan kedalam sebuah platform rudal jelajah tipe AGM-86 B ALCM. Rudal AGM-86 B ALCM ini merupakan rudal jelajah yang dapat diluncurkan dari pesawat pembom strategis B-52 Stratofortress milik Angkatan Udara Amerika Serikat atau USAF.

BACA JUGA :  Penampakan P-3 Orion di Hang Nadim

Begitu rudal ini diluncurkan, ia akan terbang sesuai dengan rute perjalanan atau flight plan yang telah direncanakan menuju ke area sasaran. Setibanya di area sasaran, perangkat sistem senjata CHAMP akan menembakkan gelombang elektromagnetik yang dapat mematikan berbagai macam perangkat elektronik yang ada di area sasaran yang terdampak oleh pancaran gelombang elektromagnetik tersebut.

Sebuah Pesawat Pembom Strategis B52 Stratofortress Meluncurkan Rudal Jelajah AGM86B.
Sebuah Pesawat Pembom Strategis B52 Stratofortress Meluncurkan Rudal Jelajah AGM86B.
Sumber : the aviationist

Secara sederhananya, sistem senjata CHAMP bekerja dengan cara menembakkan gelombang elektromagnetik ke titik sasaran sehingga area terdampak akan mengalami kerusakan dan kelumpuhan sistem elektronika nya (seperti misalnya mati listrik mendadak, atau smartphone dan komputer yang tiba – tiba mati total).

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Logo MTCR

Mengenal Missile Technology Control Regime, Lembaga Proliferasi Senjata Pemusnah Masal (Bagian...

0
HobbyMiliter.com - Missile Technology Control Regime Bermula dari berakhirnya perang dingin, meluasnya penggunaan hulu ledak nuklir sebagai senjata pemusnah massal, serta pesatnya perkembangan teknologi sistem...

Recent Comments