Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaLoI Pindad Dan Nexter Di Eurosatory 2022

LoI Pindad Dan Nexter Di Eurosatory 2022

Hobbymiliter.com – LoI Pindad Dan Nexter Di Eurosatory 2022. Dari ajang pameran industri pertahanan matra darat internasional di Eropa, Eurosatory 2022, PT Pindad sebagai salah satu perusahaan industri pertahanan strategis dalam negeri Indonesia dikabarkan telah menandatangani kesepakatan kerjasama Letter of Intent (disingkat LoI,Red) dengan perusahaan industri pertahanan strategis asal Prancis yakni Nexter. Kerjasama ini meliputi kerjasama pengembangan produk amunisi tank kaliber 120 milimeter generasi terbaru guna memenuhi kebutuhan TNI Angkatan Darat yang saat ini mengoperasikan tank tempur utama atau Main Battle Tank Leopard 2. Perjanjian kesepakatan kerjasama ini ditandatangani di ajang pameran industri pertahanan matra darat internasional Eurosatory 2022 pada tanggal 14 Juni 2022.

BACA JUGA :  Kapal Selam Kelas Suffren Pertama AL Prancis Resmi Beroperasi

Dalam perjanjian kerjasama ini kedua perusahaan industri pertahanan strategis dari Indonesia dan Prancis tersebut menyepakati pengembangan dan produksi amunisi tank kaliber 120 milimeter jenis High Explosive dan jenis SHARD APFSDS, lengkap dengan pelatihannya. Munisi tank kaliber 120 milimeter jenis SHARD APFSDS adalah salah satu produk unggulan dari perusahaan industri pertahanan asal Prancis yakni Nexter. Armour Piercing Fin Stabilized Discarding Sabot atau disingkat APFSDS merupakan jenis munisi tank yang dapat digunakan untuk menembus lapisan perlindungan kendaraan tempur modern yang saat ini banyak digunakan oleh negara – negara maju. Munisi SHARD APFSDS buatan Nexter sendiri telah dikembangkan sejak bulan Maret 2021 lalu.

BACA JUGA :  USS John Basilone DDG 122 Diresmikan

Lalu mengapa PT Pindad memilih produk dari Nexter khususnya SHARD APFSDS dalam upayanya membangun lini produksi munisi kaliber besar khususnya munisi tank kaliber 120 milimeter? Jawabannya ada pada beberapa keistimewaan dari amunisi SHARD APFSDS tersebut. SHARD APFSDS disebut – sebut memiliki bobot yang sedikit lebih ringan dari munisi sejenis buatan perusahaan lain. Selain itu, SHARD APFSDS memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk munisi sejenis dari perusahaan lain. SHARD APFSDS juga memiliki volume propelan yang lebih besar dibanding dengan produk munisi sejenis dari perusahaan lain. Tak hanya itu, Nexter menyebut bahwa munisi SHARD APSDS juga dapat diperlengkapi dengan propelan yang dapat diperoleh dari produsen lain di seluruh dunia, tidak harus menggunakan propelan yang diproduksi oleh Nexter. Keistimewaan dalam hal propelan tersebut dapat membuat munisi SHARD APFSDS dapat diproduksi dalam jumlah besar tanpa harus mengkhawatirkan kekurangan pasokan propelan standar produksi Nexter, dan PT Pindad bisa saja memperlengkapi munisi SHARD APFSDS buatan Nexter dengan propelan buatan industri dalam negeri Indonesia, sehingga biaya produksi bisa jadi akan lebih murah dan industri dalam negeri Indonesia dapat memperoleh teknologi pengembangan propelan munisi yang baik pula dari Nexter.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Leonardo 1

Leonardo AW139M: Helicopter Pesaing Black Hawk dan Caracal

0
HobbyMiliter.com – Leonardo AW139M: Helicopter Pesaing Black Hawk dan Caracal. Itulah Leonardo AW139M, memiliki kemampuan teknis yang dianggap mampu menyaingi H225M Caracal dan Sikorsy...

Recent Comments