Foto ledakan akibat serangan Israel yang beredar di Sosial Media iran. Sumber: Twitter
Foto ledakan akibat serangan rudal Israel yang beredar di Sosial Media iran. Sumber: Twitter

Ada Serangan Rudal Israel Lagi di Suriah – Hobbymiliter.com. Angkatan Bersenjata Suriah memberikan keterangan bahwa telah terjadi serangan rudal musuh yang menghantam dua basis militer Suriah, seperti yang dilansir TV resmi pemerintah Suriah. Serangan ini dicurigai merupakan serangan rudal Israel.

Sumber sumber di Suriah memberitahukan bahwa telah terjadi beberapa ledakan di dalam sebuah basis militer di utara Homs, Minggu malam waktu Suriah. Berdasarkan beberapa laporan, Israel dicurigai sebagai pelaku serangan. Serangan ini dilaporkan memakan korban belasan jiwa.

Saluran TV resmi pemerintah Suriah juga memberitakan adanya ledakan lain yang terdengar di provinsi Hama, dan pihak berwenang dikabarkan sedang menyelidiki kejadian tersebut. Badan Gempa Eropa-Mediterania (European-Mediterranean Seismological Centre) menyebutkan bahwa ledakan ledakan tersebut menimbulkan gempa sebesar 2.6 skala Richter di area tersebut.

Gempa 2.6 Skala Richter terjadi diarea ini, akibat serangan Israel.
Gempa 2.6 Skala Richter terjadi diarea ini, akibat serangan Israel.

Sumber sumber lain menyebutkan bahwa target di provinsi Hama merupakan markas dari 47th Brigade, yang terletak di dekat kota Salhab, Hama Barat, lokasi dimana pasukan asal Iran terlihat bermarkas. Selain itu, rudal juga menghantam sasaran di sekitar Pangkalan Udara nairab, dekat Bandar Udara Internasional Aleppo.

Sehari sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman telah menyebutkan bahwa Israel akan tetap melakukan operasi diatas Suriah terhadap target target yang membahayakan Israel. Hal tersebut dikatakan Lieberman untuk merespon pernyataan Rusia yang menyatakan akan mengirimkan sistem rudal anti pesawat canggih S-300 ke Suriah.

“Kami tidak mempunyai niat untuk menyerang Rusia atau ikut campur ke dalam urusan domestik Suriah” Kata Lieberman seperti yang dikutip Jerusalem Post. “Tapi jika ada yang berpikir bahwa mereka bisa meluncurkan rudal atau menyerang Israel, bahkan sekedar menyerang pesawat (tempur) kami, kami tidak akan ragu bertindak dan kami akan bertindak dengan keras.”

Pernyataan ini dikeluarkan kurang dari sebulan dari serangan Israel ke pangkalan militer T4 yang dikabarkan ditempati pasukan Iran di Suriah pada awal April lalu. Menurut Lieberman ada tiga masalah utama yang sedang dihadapi oleh Israel saat ini: “Iran, Iran, Iran,” seperti yang dikutip dari Haaretz.

Jika memang benar serangan ini berasal dari Israel, tampaknya ancaman Rusia untuk mempersenjatai Suriah dengan rudal rudal anti pesawat canggih masih belum bisa mengurungkan niat Israel untuk tidak melakukan penyerangan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here