Thursday, December 1, 2022
HomeAlutsistaPesawat TempurSukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Tujuan utama India membeli Su-30MKI adalah untuk meraih superioritas udara.
Tujuan utama India membeli Su-30MKI adalah untuk meraih superioritas udara.

Aslinya, pesawat ini adalah Su-27UB (kursi ganda) untuk trainer. Maka tidak heran bila semua varian Su-30MK memiliki kursi ganda (kecuali Su-30KI yang dirancang untuk Indonesia, namun kemudian dibatalkan Jakarta tahun 1997 karena tidak ada dana untuk membayar, walau sudah menyetor uang muka).

Su-27UB dengan teknologi TVC dibuat pertama kali tahun 1989 dengan kode T-10-16 atau LL-PS. Pesawat ini dirancang oleh Alexey Knyshev. Su-30MK memiliki kemampuan ganda yang tidak saja handal dalam pertarungan udara, juga mampu mengemban misi dengan baik untuk tugas pemboman maupun taktik penetrasi dalam layaknya Su-24 Fencer di era 1970-1980-an.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Biografi Alex Kawilarang: Sang Pelopor Pembentuk Kopassus

Biografi Alex Kawilarang: Sang Pelopor Pembentuk Kopassus

0
Biografi Alex Kawilarang: Sang Pelopor Pembentuk Kopassus - HobbyMiliter.com -Biografi Alex Kawilarang penting bagi masyarakat Indonesia khususnya di kalangan militer karena jasanya terutama sebagai...

Recent Comments