Saturday, April 27, 2024
HomeBerita Militer DuniaMiliter FilipinaAkankah Filipina Membeli Gripen?

Akankah Filipina Membeli Gripen?

Filipina Membeli Gripen
Filipina Membeli Gripen? Gripen C/D menggunakan mesin GE F404, mesin sejenis yang digunakan FA-50. Dianggap merupakan penyederhanaan logistik.

Pemerintah Filipina menilai, selain biaya akuisisi dan biaya operasional yang diklaim lebih murah dari kompetitornya, Gripen juga terbukti dapat beroperasi sebagai pesawat tempur yang baik. Demikian disampaikan oleh Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dalam wawancara kemarin.

Angkatan Udara Filipina telah lebih dari satu dekade mencari pesawat apa yang akan dibeli untuk menggantikan pesawat jet interceptor F-5A/B buatan Amerika yang pensiun pada tahun 2005 karena usia tua dan kurangnya suku cadang. Karena pesawat F-5 tidak dapat digunakan, Angkatan Udara Filipina tidak memiliki jet tempur multiperan dan meskipun telah membeli selusin jet latih FA-50 dari Korea Selatan, kemampuan pesawat-pesawat tersebut terbatas dibandingkan dengan Gripen.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal Tanpa Awak PROTECTOR USV.

The Protector – Unmanned Surface Vehicle

0
HobbyMiliter.com - Unmanned Surface Vehicle (USV) alias Kapal Tanpa Awak PROTECTOR di kembangkan oleh RAFAEL Armament Development Authority sebagai tindak lanjut atas munculnya ancaman...
APC SBS Pindad.

APC Rantai SBS Pindad

Recent Comments