Friday, April 26, 2024
HomeBerita Militer DuniaMiliter FilipinaAkankah Filipina Membeli Gripen?

Akankah Filipina Membeli Gripen?

Kaos SAAB Gripen
Kaos Gripen dari Tees.co.id; Klik gambar untuk lebih jelas. (adv)

Jika kesepakatan pembelian tersebut dapat berjalan, Filipina akan menjadi negara Asia Tenggara kedua yang mengakuisisi Gripen. Angkatan Udara Kerajaan Thailand sebelumnya telah membeli selusin Gripens dari Saab, perusahaan aerospace asal Swedia. Selain menjadi bagian utama dari arsenal Angkatan Udara Swedia, Gripen juga digunakan di pasukan udara Afrika Selatan, Brazil, Republik Ceko dan Hongaria.

Masalah potensial dalam pembelian Gripen bagi Filipina adalah undang-undang ketat Swedia tentang ekspor peralatan militer, yang membatasi penjualan ke negara-negara di mana hak asasi manusia dianggap terancam. Terlihat dalam konteks itu, pemerintah Filipina dapat menghadapi rintangan karena “perang melawan narkoba” yang dinilai brutal, yang telah merenggut ribuan nyawa diluar pengadilan dan sistem hukum.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

0
HobbyMiliter.com - MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa.  Berbicara tentang pesawat jet tempur, apa yang terlintas di pikiran anda semua? F-16, Su-35, F-22, atau...

Recent Comments