Wednesday, May 25, 2022
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaIndia Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti

India Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti

India Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti – HobbyMiliter.com – Sebuah kapal perang dari jenis perusak atau destroyer kelas Rajput milik Angkatan Laut India merapat di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin pagi tanggal 12 November 2018. Kapal perang yang merapat dari India tersebut bernama INS Rana dengan nomor lambung 052. Kedatangan kapal perang milik Angkatan Laut India tersebut dalam rangka mengikuti latihan bersama dengan kapal – kapal perang dan pesawat udara milik TNI Angkatan Laut. Latihan bersama kedua negara ini diberi nama Latma Samudra Sakti 2018.

BACA JUGA :  C295 Baru Perkuat AU Filipina

Dari unsur TNI Angkatan Laut, yang terlibat dalam latihan bersama Samudra Sakti 2018 yakni KRI Sultan Iskandar Muda (SIM), korvet kelas SIGMA Diponegoro dengan nomor lambung 367, pesawat udara atau pesud CN-235, pesud G-58 Baron, helikopter Panther, beserta 380 orang personel pendukung lainnya. Sedangkan dari pihak Angkatan Laut India sendiri mengirimkan unsur kapal perangnya yakni INS Rana (D52), helikopter Alouette (lisensi produksi India dinamai HAL Chetak), beserta 350 orang personel pendukung.

Latihan bersama Samudra Sakti 2018 digelar pada tanggal 12 hingga 18 November 2018 di wilayah Makoarmada II TNI Angkatan Laut untuk fase darat, dan untuk fase laut dilaksanakan di wilayah perairan laut Jawa. Latihan bersama Samudra Sakti 2018 ini merupakan latihan perdana antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini jajaran Komando Armada II dengan Angkatan Laut India.

BACA JUGA :  Pentagon Jual Bom Pintar BLU-109 Ke Turki Senilai 9 Triliun

Menurut pengumuman resmi dari Komando Armada II TNI Angkatan Laut, tujuan dilaksanakannya latihan bersama Samudra Sakti 2018 antara lain untuk memperkuat hubungan dan kerjasama serta meningkatkan profesionalisme dari prajurit Angkatan Laut kedua negara (Indonesia dan India,red).

INS Rana dengan kode penomeran D52 merupakan kapal perang jenis perusak atau destroyer kelas Rajput yang berdinas di jajaran armada Angkatan Laut India. Kapal perang yang memiliki bobot benaman penuh 4.974 ton ini merupakan kapal perang dengan kemampuan peperangan anti kapal permukaan (AKPA), anti kapal selam (AKS), serta kemampuan pertahanan udara (HANUD).

BACA JUGA :  Umumkan Anggaran Militer, Pentagon Akan Luncurkan Drone Mini Rahasia

Kapal ini dipersenjatai dengan 4 unit peluncur rudal P-15 Termit, 2 unit peluncur rudal anti pesawat S-125M Pechora, torpedo kaliber 533 milimeter, mortir anti kapal selam RBU 6000 serta meriam utama kaliber 76,2 milimeter.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

CN-235 TNI AU, calon penghuni Skadron Udara 27. Copyright Foto: Himanda Amrullah, JetPhotos.net

Menunggu Kelahiran Skadron Udara 27

1
Menunggu Kelahiran Skadron Udara 27 - HobbyMiliter.com. TNI Angkatan Udara dalam waktu dekat akan menambah satu skadron udara lagi. Skadron Udara baru ini akan...

Recent Comments