Slovakia Tandatangani Kontrak Beli 14 Unit F16V

0
421
Slovakia Tandatangani Kontrak Beli 14 Unit F16V
Slovakia Tandatangani Kontrak Beli 14 Unit F16V. Ilustrasi Pesawat Jet Tempur F16V Blok 70/72. Sumber : jane's

HobbyMiliter.com – Slovakia Tandatangani Kontrak Beli 14 Unit F16V. Pemerintah Slovakia dikabarkan telah menandatangani kontrak pembelian pesawat jet tempur F16V blok 70/72 dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau US Department of Defense (DoD). Sebanyak 14 unit pesawat jet tempur produksi Lockheed Martin tersebut akan dibeli oleh negara tersebut. Kontrak pengadaan pesawat jet tempur ini memiliki nilai 1,6 Milyar Euro atau setara dengan 1,8 Milyar Dollar AS. Menteri pertahanan Slovakia, Peter Pellegrini menyebut bahwa Republik Slovakia membeli sebanyak 14 unit pesawat jet tempur F16V blok 70/72 dengan rincian sebanyak 12 unit pesawat jet tempur kursi tunggal (single seater), dan 2 unit pesawat jet tempur kursi ganda (dual-seater).

BACA JUGA :  US Navy Laksanakan Program SLEP Untuk Armada Jet Tempur F18 Super Hornet

Lebih lanjut, kontrak tersebut rupanya juga sudah termasuk penyediaan dukungan suku cadang, serta latihan bagi calon pengawak pesawat dan juga kru perawatan yang ada di darat. Untuk persenjataan, kontrak ini juga sudah mencakup penyediaan rudal udara ke udara jarak pendek AIM-9X Sidewinder dan rudal udara ke udara jarak menengah AIM-120 C7 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM) untuk mempersenjatai pesawat – pesawat jet tempur tersebut.

Unit yang akan tiba lebih dahulu di Republik Slovakia adalah dua unit pesawat jet tempur kursi ganda atau dual-seater dan dua unit pesawat jet tempur kursi tunggal atau single seater. Unit yang akan tiba lebih dahulu sebanyak empat unit. Ke-empat unit jet tempur F16V blok 70/72 tersebut akan tiba di Slovakia pada tahun 2022. Sementara sisa 10 unit jet tempur lainnya akan datang pada tahun 2023.

BACA JUGA :  KRI Arun 903 Alami Insiden

Republik Slovakia memilih pesawat jet tempur F16V blok 70/72 untuk menggantikan armada 12 unit pesawat jet tempur MiG-29 Fulcrum yang kini kondisinya sudah tidak laik terbang. Kabar yang beredar, dari 12 unit pesawat jet tempur MiG-29 yang dimiliki AU Slovakia, hanya 2 hingga 3 unit saja yang dapat diterbangkan dan dalam kondisi siap terbang atau airworthy. Pihak Kementerian Pertahanan Slovakia juga menyebut bahwa mereka akan berusaha untuk mempertahankan armada jet tempur MiG-29 tersebut untuk dapat tetap bertugas hingga bulan Desember tahun 2023 dimana Slovakia diharapkan sudah menerima keseluruhan pesawat jet tempur F16V blok 70/72 yang dipesan nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here