Sunday, October 2, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Biografi Pangeran Diponegoro Melawan Belanda Dalam Perang Jawa

Saat puncak peperangan berlangsung di tahun 1827, Belanda mengerahkan sampai lebih dari 23.000 serdadu. Kalau dilihat dari sudut pandang militer, perang ini merupakan perang pertama yang melibatkan semua metode perang modern, entah itu metode perang terbuka atau open warfare, maupun metode perang gerilya atau guerilla warfare dan diperlengkapi taktik perang urat syaraf atau psywar dan .berbagai kegiatan telik sandi atau spionase.

Belanda bahkan menggelar sayembara dengan mengeluarkan maklumat pada tanggal 21 September 1829 yang menyebutkan bahwa siapapun yang menangkap Pangeran Diponegoro, entah dalam keadaan hidup maupun mati, akan diberikan hadiah sebesar 50.000 Gulden yang disertai juga dengan tanah serta penghormatan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

39-turki-bakar-150-warga-kurdi-hidup-hidup

Pasukan Turki Bakar 150 Warga Kurdistan Hidup-hidup

0
Hobbymiliter.com - Sekitar 150 orang warga Kurdi dilaporkan telah dibakar hidup-hidup oleh pasukan bersenjata Turki, dengan menjadikan beberapa bangunan secara terpisah sebagai tempat eksekusinya. Serangan...

Recent Comments