Friday, April 26, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterLaporan Khusus: Kisah Perang Cyber China Terhadap Amerika

Laporan Khusus: Kisah Perang Cyber China Terhadap Amerika

Pada penyelidikan mengenai perang cyber berikutnya, ditemukan nama nama perusahaan lain yang berhasil ditembus oleh Cloud Hopper, Tata Consultancy Services, NTT Data, Dimension Data, Computer Sciences Corporation dan DXC Technology. DXC Technology sendiri adalah anak perusahaan dari HPE.

Server HPE

Dengan menembus 6 perusahaan IT besar tersebut, klien klien perusahaan tersebut pun menjadi sasaran target serangan dan mata mata. Erricson, yang sedang dalam persaingan ketat dengan salah satu perusahaan China dalam bisnis penyediaan infrastruktur telekomunikasi seluler tadi adalah salah satunya.

BACA JUGA :  Fakta Rudal Agni-IV Terbaru Milik India Yang Meresahkan Tiongkok

Klien lainnya yang menjadi korban : sistem reservasi online Sabre, dan bahkan sistem komputer di galangan pembuat kapal selam nuklir Amerika, Huntington Ingalls Industries. Namun, Reuters tidak dapat memperkirakan sejauh mana kerusakan terjadi, dan banyak korban juga tidak bisa memastikan seberapa banyak data yang sudah bocor.

Di HPE sendiri tampaknya, kasus yang dialami Erricson hanya sebagian kecil dari kasus besar. Bertahun tahun lamanya, pendahulu HPE, Hawlett Packard pernah tidak tahu bahwa sistemnya telah di hack, karena saking rapinya operasi yang dijalankan oleh team cyber lawan.

BACA JUGA :  KRI Oswald Siahaan 354, Kapal Legendaris TNI AL

HP pertama kali menemukan adanya kode yang mencurigakan di server perusahaannya di tahun 2012. Ketika konsultan keamanan di panggil, disebut bahwa kode tersebut sudah ada didalam sistem paling tidak sejak Januari 2010, bisa lebih.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Salawaku 842 Laksanakan Sea Acceptance Test

KRI Salawaku 842 Laksanakan Sea Acceptance Test

0
Hobbymiliter.com – KRI Salawaku 842 yang merupakan unsur yang berada dibawah Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V / Surabaya, pada hari...

Recent Comments