Thursday, April 25, 2024
Home15 Situs Bukti Sejarah Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia

15 Situs Bukti Sejarah Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia

Bangunan dua lantai ini sudah melewati dua kali pemugaran dari rentang waktu 1978 hingga 18982 oleh DR Daoed Joesoef. Hingga kini kompleks Istana Sultan Ternate ini dijadikan Museum Kesultanan Ternate yang banyak diminati para wisatawan.

Pemakaman Imogiri

Pemakaman Imogiri atau Pasarean Imogiri atau Pajimatan Girirejo Imogiri merupakan kompleks pemakaman yang dianggap suci dan keramat oleh warga sekitar. Soalnya tempat tersebut merupakan pemakaman para raja dan keluarga raja dari Kerajaan Mataram.

Pemakaman Imogiri
Pemakaman Imogiri

Berada di atas perbukitan yang merupakan bagian dari Pegunungan Seribu, pemakaman ini dibangun Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan keturunan Sultan Panembahan Senopati Raja Mataram pertama di tahun 1632. 

Hikayat Amir Hamzah

Hikayat Amir Hamzah merupakan salah satu sejarah peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia yang berupa sajak Melayu mengisahkan kegagahan perjuangan Amir Hamzah dalam melakukan dakwah dengan tujuan menyebarluaskan ajaran Islam, sejak Masyrik hingga Magrib. Sajak ini biasa dibaca para prajurit saat mau berangkat berperang dengan tujuan semangat dan keberanian para prajurit bisa muncul saat berperang.

BACA JUGA :  Arti Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya
Hikayat Amir Hamzah
Hikayat Amir Hamzah

Sajak ini pernah dibukukan oleh penulis atau penyelenggara naskah, Abdul Samad Ahmad dengan judul buku Hikayat Amir Hamzah atau Siri Warisan Sastera Klasik. Selain itu sajak ini juga diterjemahkan ke berbagai bahasa, entah itu bahasa di nusantara seperti Jawa, Sunda, Bali, Sasak, Palembang, Aceh, maupun bahasa internasional seperti Hindi, Arab, dan juga Turki.

Hikayat Hang Tuah

Hikayat Hang Tuah merupakan karya klasik sastra Melayu yang mengisahkan mengenai Hang Tuah, laksamana terkenal. Kisah Hikayat Hang Tuah ini berada di masa kemakmuran Kesultanan Malaka, mengenai Hang Tuah yang berasal dari kelas rendah, namun sangat dikasihi karena keberaniannya. Dia pun mendapat kenaikan pangkat hingga menjadi duta yang mewakili negaranya dalam urusan kenegaraan.

BACA JUGA :  Makna Sumpah Pemuda: Dulu dan Masa Kini
bukti sejarah peninggalan kerajaan Islam di Indonesia. . Hikayat Hang Tuah
Hikayat Hang Tuah

Hang Tuah sangatlah setia pada Sri Sultan dan memiliki empat sahabat karib, yaitu Hang Jebat, Hang Kesturi, Hang Lekiu, dan Hang Lekir.

Syair Abdoel Moeloek

Kisah syair ini mengenai seorang wanita yang menyamar menjadi pria bisa membebaskan suaminya yang ditawan Sultan Hindustan. Sjair Abdoel Moeloek ditulis tahun 1847 oleh Raja ali Haji atau putrinya, Saleha.

bukti sejarah peninggalan kerajaan Islam di Indonesia. . Syair Abdoel Moeloek
Syair Abdoel Moeloek

Tema syair ini sering ditemukan di sastra kontemporer Jawa dan Melayu, yaitu mengenai penyamaran gender yang menata ulang hirarki pria dan wanita serta bangsawan dan pelayan. Syair ini sering diangkat ke lakon panggung dan juga merupakan dasar cerita Sair Tjerita Siti Akbari karya Lie Kim Hok.

BACA JUGA :  Cara Jepang Menarik Simpati Rakyat Indonesia Selama Masa Penjajahan Jepang

Grebeg Besar Demak

Grebeg Besar Demak merupakan acara budaya tradisional Kesultanan Demak yang diadakan tanggal 10 Dzulhijah atau saat Idul Adha. Pada masa itu para Wali Songo tiap tanggal 10 Dzulhijah atau saat Idul Adha, di lingkungan Masjid Agung Demak, umat Islam melakukan Sholat Ied kemudian menyembelih hewan qurban barulah dilanjutkan dengan acara Grebeg Besar Demak serta disisipi syiar keagamaan sebagai upaya penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.

Grebeg Besar Demak
Grebeg Besar Demak
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

80-pria-bersenjata-yaman-bunuh-17-perawat-panti-jompo

Serangan Kelompok Bersenjata Yaman Di Aden, 17 Perawat Panti Jompo Tewas

0
Hobbymiliter.com - Empat pria bersenjata dilaporkan membunuh setidaknya 17 orang dalam sebuah serangan di panti jompo yang terletak di kota pelabuhan Aden, Yaman. Demikian...

Recent Comments