Tuesday, December 6, 2022
HomeBlog MiliterReferensi4 Prinsip Serta 3 Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

4 Prinsip Serta 3 Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

Sementara politik negara sendiri adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan penentuan tujuan bersama, pelaksanaan tujuan dan kekuasaan yang mengatur kebijakan serta landasan negara demi tercapainya tujuan nasional. Politik nasional terbagi dua, yakni politik luar negeri dan politik dalam negeri.

Faktor Pengaruh Politik Luar Negeri

Ada dua faktor yang mempengaruhi politik luar negeri, yaitu:

  • Faktor Pengaruh Dalam Negeri

Faktor dalam negeri ini meliputi ideologi bangsa konstitusi, sistem pemerintahan, kepentingan negara, tujuan nasional negara, serta kondisi geografis negara tersebut. Namun di luar semua itu, partai politik dan pemimpin pemerintahan yang berkuasa juga berpengaruh terhadap berbagai kebijakan politik luar negeri. Jadi biasanya tiap kali pergantian pemerintahan terjadi, kebijakan serta cara politik luar negeri juga bakal berbeda walau masih tetap berpedoman pada landasan serta prinsip politik luar negeri negara.

  • Faktor Pengaruh Luar Negeri
BACA JUGA :  Keluar dari Konvensi HAM Eropa, Erdogan Akan Eksekusi 13.000 Orang?

Faktor luar negeri meliputi kebijakan atau sistem politik negara lain di dunia dan juga globalisasi. Globalisasi yang dimaksud mencakup perkembangan komunikasi dan juga transportasi yang mengharuskan negara terus membuat strategi politik seiring perkembangan globalisasi tersebut. Sementara sistem politik negara lain bakal mempengaruhi sikap yang bakal diambil seperti keputusan buat menjalin hubungan baik atau tidak dengan negara tersebut.

Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

Sejarah politik dalam negeri yang panjang semenjak zaman kolonial penjajahan, proklamasi kemerdekaan, orde lama, orde baru, hingga reformasi sangatlah berpengaruh terhadap politik luar negeri Indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UH-60M 1

Peran UH-60M Black Hawk Dalam Kavaleri Udara TNI AD

0
HobbyMiliter.com – Peran UH-60M Black Hawk Dalam Kavaleri Udara TNI AD. TNI AD dikabarkan akan memesan helikopter angkut tingkat sedang UH (Utility Helicopter)-60 Black Hawk sejak...

Recent Comments