Sunday, November 27, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Sejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Namun tanggal 14 Februari 1946 sekumpulan tentara KNIL di Manado memutuskan rantai mitos tersebut dan melakukan perjuangan merebut kekuasaan NICA. Perjuangan tersebut berhasil gemilang dengan dikibarkannya sang saka Merah Putih di Tangsi Militer KNIL di Teling.

Latar Belakang Peristiwa Merah Putih

Sejarah Peristiwa Merah Putih di Manado diawali dengan pengakuan resmi akan kekalahan Jepang terhadap Pasukan Sekutu yang berlangsung sejak pertempuran di Pasifik bulan Juli 1944. Saat itu Sam Ratulangi mengirim beberapa pemuda, termasuk Mantik Pakasi dan Freddy Lumanauw dari utusan tentara, serta Wim Pangalila, Buce Ompi, dan Olang Sondakh dari perwakilan pemuda buat mengawasi situasi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

skeldar 3

Drone Saab Skeldar V-200 Dilengkapi dengan Sensor Avenger II

0
HobbyMiliter.com – Drone Saab Skeldar V-200 Dilengkapi dengan Sensor Avenger II. Saab Skeldar V-200 merupakan drone berjenis helikopter VTOL (Vertical Take Off and Landing)...

Recent Comments