Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterSejarahRaja, Peninggalan Dan Sejarah Kerajaan Singasari

Raja, Peninggalan Dan Sejarah Kerajaan Singasari

Masih berlanjut lagi ke wilayah luar jawa, dalam sejarah kerajaan Singasari juga menuju ke Sunda, Bali, Pahang, Maluku dan Bakulapura Kalimantan Barat. Tidak hanya itu saja, Kertanegara juga menjalin persahabatan dengan raja Campa. Hubungan ini dimaksudkan untuk menahan perluasan kekuasaan Kubilai Khan dari Dinasti Mongol. Dimana Kubilai Khan menuntut para raja-raja di seluruh wilayah selatan mengakuinya sebagai yang diagungkan atau dituankan. Hal tersebut ditolak oleh Kertanegara dan membuat utusan Kubilai Khan bernama Meng Chi murka dan sakit hati. Ia pun mengirim pasukan ke Jawa untuk menghukum Kertanegara.

Pada saat itu, sebagian besar pasukan tangguh dari Singasari ikut ke ekspedisi Pamalayu. Kesempatan ini pun digunakan oleh Jayakatwang yang merupakan salah satu penentang raja Kertanegara. Singkat cerita, Kertanegara dan sang pembesar lainnya berhasil dikalahkan. Kemudian Jayakatwang maju sebagai raja. Ini berarti kekuasaan kerajaan Singasari sudah berakhir dengan meninggalnya sang raja Kertanegara. Kemudian ia didharmakan sebagai siwa Budha Bairawa di Candi Singasari.

BACA JUGA :  Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Peninggalan Kerajaan Singasari

Sebagai salah satu kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara, Singasari memiliki beberapa peninggalan, seperti:

  • Candi Jago

Konon, di Candi ini raja Kertanegara beribadah. Sekarang, peninggalan ini sedikit berubah karena sebagian dari atas Candi ada yang hilang.

  • Candi Singasari

Disebutkan pada Kitab Negarakertagama dan juga Prasati Gajah Mada 1351 masehi, candi ini merupakan kediaman terakhir dari raja Singasari yang terakhir yaitu Kertanegara.

  • Arca Dwarapala

Adalah salah satu peninggalan dari kerajaan Singasari yang berbentuk seperti monster dan ukurannya sangat besar.

  • Candi Sumberawan
BACA JUGA :  Program UAV Menembus Langit, Ekspedisi UAV Stratosfer Pertama Di Indonesia

Candi Sumberawan adalah satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur dan berjarak 6 kilometer saja dari Candi Singasari.

  • Candi Jawi

Merupakan tempat untuk menyimpan abu dari raja terakhir yaitu Kertanegara. Selain di Candi Jawi, abu Kertanegara juga ada di Candi Singasari dan Candi Jago. Oleh karena itulah, ketiga Candi tersebut memiliki hubungan yang sangat erat.

  • Candi Kidal

Candi Kidal didirikan sebagai bentuk penghormatan kepada raja Anusapati, yang telah memerintah selama kurang lebih 20 tahun.

  • Prasasti Singasari

Prasasti Singasari ditulis dengan huruf atau aksara Jawa di tahun 1351. Penulisan prasasti ini dimaksudkan untuk mengenang pembangunan candi pemakaman oleh Mahapatih Gajah Mada.

  • Prasasti Manjusri
BACA JUGA :  Mengenal Accuracy International Arctic Warfare L96A1, Senapan TNI Yang Bertahan di Suhu Rendah

Merupakan sebuah manuskrip yang dibuat tepat di belakang Arca Manjusri. Mulanya, prasasti ini diletakkan di Candi Jago. Tapi sekarang sudah disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

  • Prasasti Wurare

Prasasti Wurare berisikan sebuah peringatan atas penobatan Arca Mahaksobhya yang diletakkan di Wurare. Karena itulah dinamai Prasasti Wurare, yang ditulis dengan bahasa Sansekerta

  • Prasasti Mula Malurung

Adalah sebuah piagam penganugerahan dan pengesahan Desa Mula juga Deaa Malurung oleh tokoh bernama Pranaraja. Berupa lempengangan tembaga yang diterbitkan oleh raja Kertanegara di tahun 1255.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Captain Kim “Killer Chick” Campbell dan A-10 Thunderbolt II nya yang rusak parah.

Foto Tertembaknya Penerbang Wanita A-10 Thunderbolt II oleh Rudal SAM Irak

0
Foto Tertembaknya Penerbang Wanita A-10 Thunderbolt II oleh Rudal SAM Iraq -HobbyMiliter.com. Perang Irak melibatkan sejumlah unit A-10 Thunderbolt II yang bertugas sebagai Combat...
President John F. Kennedy at Rice University Stadium, Houston, Texas, 12 September 1962

JFK and The Apollo Program

Recent Comments