Saturday, August 13, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Sejarah Pertempuran Medan Area, Perjuangan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Semula pemerintah mempersilahkan mereka untuk tinggal di hotel yang ada di kota Medan. Sebab para pemerintah di sana belum mengetahui tujuan tersebut dan diperlakukan dengan baik untuk menghormati tugas mereka yaitu mengurus para tawanan perang yang berada di tangan Jepang. Kemudian sebagian dari anggota NICA dan sekutu dipindahkan ke Binjai, Tanjung Morawa serta di beberapa tempat lain dengan memasang tenda-tenda di lapangan.

Baru sehari mendarat di kota Medan, regu dari Rehabilitation of Allied Prisoners of War and Internees (RAPWI) sudah sampai di tempat dimana tawanan berada di Pulau Berayan, Saentis, Rantau Prapat, Pematang Siantar dan Berastagi. Namun siapa mengira kalau para tawanan perang malahan dibentuk jadi batalyon KNIL? Hal tersebut diketahui secara langsung dari perubahan para tawanan itu. Mereka bersikap congkak dan merasa sebagai pemenang dalam peristiwa Perang Dunia II. Insiden tersebut diawali dari adanya seseorang penghuni hotel yang mengambil lencana merah putih lalu diinjak-injak.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Hanggar Skadron Udara 16

Hanggar Baru Skadron Udara 16 TNI AU

0
HobbyMiliter.com - Seluruh anggota Lanud Roesmin Nurjadin turut membersihkan kawasan Skadron Udara 16. Kegiatan “korve” ini dilaksaanakan usai Apel Pagi di Main Apron Skadron...

Recent Comments