Tuesday, May 28, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Negara Hingga Ciri-Ciri Negara Kesatuan

Pengertian Negara Hingga Ciri-Ciri Negara Kesatuan

Batasan wilayah darat ditandai dengan batok kayu, garis cat, kawat berduri atau tembok raksasa. Sementara wilayah laut ditentukan berdasar hukum laut internasional dimana mencakup laut teritorial, zona tambahan, landas benua, zona ekonomi eksklusif, laut pedalaman dan lainnya. Wilayah udara diklasifikasikan menjadi dua, yaitu aliran kedaulatan udara serta aliran udara bebas di atas wilayah suatu negara.

Unsur Ketiga: Pemerintah yang berdaulat

Pemerintah dalam arti sempit merupakan lembaga pelaksana undang-undang serta seluruh jajarannya atau dikenal dengan istilah legislatif. Sementara dalam arti luas, pemerintah mencakup keseluruhan lembaga negara, misalnya di Indonesia yang menganut sistem demokrasi mencakup lembaga legislatif, yudikatif serta eksekutif.

BACA JUGA :  Interpretasi Puisi Soe Hok Gie: “Kepada Pejuang-Pejuang Lama”

Sebagai kelengkapan negara yang bertugas menyelenggarakan negara, pemerintah mesti menetapkan aturan, menegakkan hukum serta membawa negara mencapai tujuan. Pemerintah yang berdaulat menandakan bahwa pemerintah bukanlah boneka negara lain yang dikendalikan serta didikte pihak asing.

Unsur Keempat: Pengakuan dari negara lain

Keberadaan negara atau eksistensi negara mesti dikukuhkan pengakuan negara lain. Pengakuan dari negara lain bersifat deklaratif, yang berarti negara yang baru berdiri mesti mendeklarasikan atau memproklamirkan negara mereka atau negara yang sudah eksis sebelumnya mesti mendeklarasikan pengakuannya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

6-kapal-perusak-rusia-tiba-di-manila

Kapal Perusak Rusia Tiba Di Manila, Latihan Gabungan Kedua Negara Siap...

0
Hobbymiliter.com - Rusia resmi mengirim kapal perusak anti kapal selamnya ke perairan Filipina sebagai bagian dari upaya Moskow untuk memperkuat kerjasama militer antar kedua...

Recent Comments