Friday, April 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiAsas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Asas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Berbagai nilai tersebut diantaranya mencakup keselarasan, keseimbangan, keserasian, serta persatuan dan kesatuan disertai dengan kekeluargaan, kerakyatan, dan juga kebersamaan. Hingga saat ini berbagai nilai yang terkandung dalam Pancasila sudah terbukti, teruji dan juga diyakini kebenarannya sebagai pemersatu bangsa dalam membangun serta menata kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik serta memiliki daya saing.

Landasan Kedua: Konstitusional

Sementara landasan kedua atau landasan konstitusional dari ketahanan nasional adalah Undang-undang Dasar 1945 yang merupakan sumber dari segala sumber hukum. Undang-undang Dasar 1945 ini memberikan landasan, panduan, serta arah dalam pengembangan sistem serta penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara.

BACA JUGA :  Sejarah Peristiwa Merah Putih Di Manado 1946

Pembukaan beserta pasal-pasal dalam Undang-undang Dasar 1945 merangkumi substansi pertahanan negara yang meliputi pandangan bangsa Indonesia dalam melihat diri serta lingkungan, tujuan negara, sistem pertahanan negara dan juga keterlibatan warga negara.

Sikap bangsa Indonesia yang menentang segala bentuk penjajahan juga tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945, dimana bangsa Indonesia akan terus berjuang demi mencegah serta mengatasi berbagai upaya penindasan dan penindasan yang bertentangan dengan nilai keadilan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

86-arab-saudi-tawarkan-hadiah-25-miliar-untuk-membocorkan-keberadaan-teroris

Arab Saudi Tawarkan 25 Miliar Untuk Memberitahukan Keberadaan Teroris

0
Hobbymiliter.com - Arab Saudi akan memberi hadiah sebesar 7 juta riyal (25 miliar rupiah) kepada siapa saja yang mau membantu membeberkan informasi mengenai serangan teroris...

Recent Comments