Monday, May 23, 2022
HomeMiliterAlutsistaPerkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon

Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon

Hobbymiliter.com – Pemerintah Jerman menyatakan akan melakukan akuisisi alat utama sistem senjata atau alutsista berupa pesawat jet tempur untuk memperkuat Angkatan Udara Jerman atau Luftwaffe. Sebanyak 35 unit pesawat jet tempur siluman F-35 dan 15 unit pesawat jet tempur multi-peran Eurofighter Typhoon akan dibeli oleh pemerintah Jerman sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kekuatan serta kemampuan tempur Angkatan udara Jerman dalam waktu dekat. Jet tempur siluman F-35 akan bertugas sebagai pesawat superioritas udara (air superiority), sementara pesawat jet tempur multi-peran Eurofighter Typhoon akan digunakan sebagai pesawat untuk melaksanakan misi-misi khusus seperti pengawasan dan pengawalan ruang udara (air escort) serta pesawat untuk peperangan elektronika (electronic attack).

BACA JUGA :  Intervensi Suriah, Arab Saudi Akan Luncurkan Pasukan Darat dan Jet Tempur Dari Turki

Selain untuk memperkuat dan menjaga kemampuan Luftwaffe agar tetap siap tempur, Jerman juga berencana menggunakan pesawat jet tempur siluman buatan Amerika Serikat itu sebagai wahana pembawa munisi Nuklir taktis yang membuat Jerman tetap berkontribusi sebagai bagian dari kekuatan penggentar Nuklir NATO (NATO Nuclear Detterence).

Sebelumnya, diberitakan pemerintah Jerman memutuskan memilih F-18 E/F Super Hornet sebagai pesawat jet tempur pengganti armada pesawat jet tempur Tornado milik Angkatan Udara Jerman yang mulai mendekati masa pensiun. Nampaknya, dengan bergulirnya berita ini, penulis menduga Jerman sepertinya akan membatalkan rencana akuisisi pesawat jet tempur buatan Boeing tersebut, dan beralih ke pesawat jet besutan Lockheed Martin dan konsorsium pesawat tempur Eurofighter.

BACA JUGA :  Helikopter TNI AL Kawal Kapal Selam Nuklir AS

Seperti diketahui bersama, Angkatan Udara Jerman, Luftwaffe, memiliki dan mengoperasikan tidak kurang dari 99 unit pesawat tempur Panavia Tornado. Pesawat jet besutan konsorsium pesawat tempur Panavia tersebut mulai dioperasikan Jerman sejak tahun 1980an. Dengan melihat perkembangan yang ada, nampak bahwa F-35 akan menggantikan peran dari Tornado IDS sebagai pesawat superioritas udara dan interdiksi udara dengan kemampuan membawa munisi nuklir taktis yang dimiliki NATO. Sementara itu, unit-unit Eurofighter Typhoon nampaknya akan digunakan untuk menggantikan peranan dari Tornado ECR yang merupakan pesawat khusus untuk misi penekanan terhadap sistem pertahanan udara musuh, peperangan elektronika, dan misi pengintaian.

BACA JUGA :  Sistem Rudal S-300 Di Suriah Tembakkan Rudal Ke Jet Tempur F-16 Israel

Pesawat jet tempur Panavia Tornado milik AU Jerman sendiri direncanakan akan mulai dipensiunkan secara bertahap pada tahun 2025 hingga 2030 mendatang.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bung Tomo pengobar semangat juang rakyat Indonesia dalam pertempuran 10 November

Battle of Surabaya Alias Pertempuran 10 November, Asal Usul Hari Pahlawan

0
HobbyMiliter.com - Pertempuran 10 November, ya, siapa yang tidak kenal dengan peristiwa bersejarah ini? Pertempuran yang juga disebut sebagai Battle of Surabaya ini merupakan...

Recent Comments