Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiKehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara – HobbyMiliter.com – Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan tertua yang ada di Pulau Jawa. Tepatnya, kerajaan tersebut terletak di Bogor Jawa Barat. Secara etimologi atau Bahasa, Tarumanegara itu berasal dari dua akar kata yang berbeda, yaitu kata Tarum dan Negara. Tahukah Anda bahwa Tarum diidentikan dengan nama sebuah sungai yang sangat populer di Bogor, yaitu Sungai Citarum. Sementara itu, Negara dapat diartikan sebagai sebuah pusat pemerintahan dalam hal ini adalah kerajaan. Jadi, Tarumanegara merupakan sebuah kerajaan yang terletak di areal Sungai Citarum Bogor.

BACA JUGA :  Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Kerajaan Tarumanegara sendiri awal mula didirikan pada tahun 258 Masehi. Keberadaan kerajaan Tarumanegara di Bogor tersebut dapat dibuktikan dari beberapa penemuan bukti sejarah oleh para Ahli Sejarah berupa percandian Batujaya dan Cibuaya yang terletak di muara Sungai Citarum, Bogor Jawa Barat.

Sejarah Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Sebuah pemerintahan ataupun kerajaan tidak akan terlepas dari yang namanya kehidupan politik. Dengan politiklah, kerajaan dapat menjalankan berbagai sendi kehidupannya dengan baik dan lancar. Oleh karena itu, kehidupan politik dalam sebuah kerajaan memiliki peran yang sangat vital untuk kelangsungan kerajaan tersebut.

BACA JUGA :  Kapal Fregat PKR KRI RE Martadinata Sukses Lakukan Ujicoba Pelayaran

Begitupun yang berlaku pada Kerajaan Tarumanegara. Mari kita simak bagaimana sejarah kehidupan politik yang berlaku pada Kerajaan Tarumanegara berdasarkan beberapa bukti sejarah berupa naskah ataupun prasasti yang telah ditemukan oleh para ahli sejarah!

Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara Berdasarkan Naskah Wangsakerta

Naskah Wangsakerta merupakan salah satu bukti sejarah yang mampu mengungkapkan kehidupan politik yang ada Kerajaan Tarumanegara. Di dalam naskah tersebut dijelaskan bahwa kerajaan tersebut telah dipimpin oleh 12 raja, terhitung mulai berdiri sampai dengan runtuhnya kerajaan tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Boeing E3 Sentry

NATO Akan Tempatkan Pesawat E-3 AWACS di Timur Tengah Oktober Mendatang

0
Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO akan mengirimkan pesawat peringatan dini dan kendali udara atau Airborne Warning And Control System (AWACS) ke daerah –...
Lt Col. Reka "Icepack" Budiarsa

Hawk 109 Skadron Udara 12

Recent Comments