Friday, July 26, 2024
HomeBlog MiliterReferensiTujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Serangan militer AS yang bangkit setelah dihancurkan pangkalan militernya di Pearl Harbour memberikan serangan besar-besaran dan bertubi-tubi sehingga Jepang kewalahan dan tidak menyangka sama sekali meraka dapat bangkit dan mengatasi pasukan Jepang dengan cukup singkat.

Disisi lain, Jepang yang sedang berusaha untuk menguasai Australia pun dapat dipukul mundur. Hal ini ditandai dengan pertempuran laut Karang yang secara perlahan beberapa pulau di Australian dan Jepang dapat dikuasa kembali oleh Sekutu, yang terjadi pada Tanggal 7 Mei 1942.

BACA JUGA :  Sistem Pemerintahan Indonesia Sejak 1945 Hingga Saat Ini

Selanjutnya, pada April 1944, pasukan sekutu pun telah menginjakan kakinya untuk mendarat di Irian Barat sehingga kedudukan Jepang di Indonesia pun semakin terancam. Hal ini diperparah dengan peristiwa jatuhnya Pulau Saipan yang berkedudukan di Marina yang dikuasia oleh Pihak Sekutu.

Menarik Simpati dari Bangsa Asia lainnya

Disamping Jepang berusaha menarik simpati dari bangsa pribumi, Jepang juga memberikan janji kemerdekaan Indonesia itu untuk menarik simpati dari negara-negara lain, khususnya negara-negara yang berada di Kawasan Asia. Dengan begitu, mereka mengharapkan ada bantuan-bantuan yang dapat menguatkan mereka dalam mengatasi Pasukan Sekutu.

BACA JUGA :  Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Begitulah artikel mengenai tujuan jepang memberikan janji kemerdekaan kepada indonesia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

HHI Akan Bangun Enam Kapal OPV Baru Untuk AL Filipina

HHI Akan Bangun Enam Kapal OPV Baru Untuk AL Filipina

0
Hobbymiliter.com - HHI Akan Bangun Enam Kapal OPV Baru Untuk AL Filipina. Perusahaan galangan kapal asal Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries atau disingkat HHI,...

Recent Comments