Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterReferensiTujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Tahukah Anda bahwa janji kemerdekaan Jepang untuk Indonesia yang telah digembor-gemborkan itu tidak terlaksana sama sekali. Ada beberapa alasan kenapa Indonesa cenderung lambat dalam menerima “hadiah” atau janji kemerdekaan dari Jepang jika dibandingkan dengan apa yang terjadi pada Filipina dan Burma yang telah dimerdekaan oleh Jepang pata Tanggal 1 Agustus 1943.

Pertama, Jepang berdalih bahwa belum ada kesepakatan atau perjanjian apapun dengan para tokoh pemimpin Indonesia berkaitan dengan perumusan pemberian kemerdekaan yang sebagaimana telah dijanjikan sehingga Jepang selalu menunda-nunda pelaksanaan kemerdekaan tersebut bagi negera Kita, Indonesia.

BACA JUGA :  Siap Hadapi Perang Asia Pasifik, Anggaran Militer Australia Naik Signifikan

Kedua, setelah dua tahun menunggu, barulah Jepang terlihat pergerakannya yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia dengan perencaan untuk mendirikan organisasi penting, yaitu BPUPKI bertepatan pada Tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI yang dikenal dengan sebutan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai dalam bahasa Jepang merupakan singkatan dari Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Namun, tetap saja diakibatkan karena terjadi tawar menawar yang cukup a lot antara Jepang dan Indonesia, maka penyusunan kemerdekaan melalui BPUPKI pun memakan waktu yang lama.

Ketiga, janji kemerdekaan bagi Indonesia semakin abu-abu karena ada pergantian Kabinet Koiso oleh Kabinet Suzuki. Pergantian itu ternyata bukan memperlancar terhadap persiapan kemerdekaan Indonesia, malahan justru sebaliknya sehingga organisasi yang diketuai Dr. Rajiman Wedyodiningrat pun tidak mampu berbuat banyak untuk melepaskan Bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan Jepang yang sangat kejam.

BACA JUGA :  Peninggalan Kerajaan Kutai

Jepang Mulai Terdesak oleh Sekutu dan Kalah Perang Dunia II

Hal yang melatarbelakangi kenapa Jepang memberikan “hadiah” kemerdekaan bagi Negara Kita adalah salah satunya adalah situasi dan kondisi mereka yang mulai mengalami kekalahan dalam peperangan melawan pasukan Sekutu. Hal itu diperkuat juga dengan kekalahan mereka dalam Perang Dunia II.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ARS-14KM, kendaraan dekontaminasi multi-peran milik pasukan proteksi Nubika Angkatan Bersenjata Rusia

Unit Proteksi Nubika Rusia Terima Kendaraan Baru

0
HobbyMiliter.com - Pasukan unit proteksi Nubika (Nuklir, Biologi, dan Kimia) Angkatan Bersenjata Rusia menerima satu batch kendaraan multi-peran ARS-14KM. Kendaraan ini akan ditempatkan di daerah...

Recent Comments