Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterSejarahAwal Mula Konflik Palestina dan Israel

Awal Mula Konflik Palestina dan Israel

Terjadinya Kemerdekaan Isral tersebut menjadi awal mula konflik Palestina Israel. Sehari setelah deklarasi kemerdekaan Israel, pasukan Arab menginvasi negara baru dengan meluncurkan perang besar kepada Israel.

Invasi yang dilancarkan pada 15 Mei 1948 menjadi puncak dari konflik yang terjadi yang dikenal dengan perangas al-Nakba (Malapetaka) bagi orang Palestina. Perang tersebut membuat 700 ribu orang Palestina harus mengungsi.

Beberapa orang Palestina memilih untuk tetap berada di dalam perbatasan Negara baru Israel dan mengambil kewarganegaraanya dan orang-orang tersebut dikenal dengan sebutan warga Arab Israel. Tetapi sebagian besar penduduk Palestina yang mengungsi, telantar di seluruh West Bank, Jalur Gaza, dan di negara-negara tetangga.

BACA JUGA :  Mengenal Tokoh dan Sejarah Muhammadiyah

Jalan Menuju Kesepakatan Damai Palestina

Seiring dengan konflik Palestina dan Israel yang tidak penah usai, ada banyak resolusi yang difasilitasi pihak Internasional tetapi tidak membuahkan hasil.

Kesepatakan damai yang terkenal adalah kesepakatan Oslo dengan pendekaran resolusi yang dinamakan negosiasi timbal balik bertahap. Kesepakatan tersebut secara tidak langsung mengadvokasi terjadinya konsep dua negara dengan pembagian tanah Palestina jadi 3 wilayah administratif. Dimana Area A diserahkan ke Palestina, Area B dibawah kendari 2 negara Palestina dan Israel dan Area C sekitar 60 persen wilayah West Bank diserahkan ke negara Israel.

BACA JUGA :  Pengertian Food Gathering dan Karakteristik Masa Food Gathering

Tetapi kesepakatan ini oleh kedua belah pihak tidak bisa memenuhinya dengan baik. Karena sepanjang tahun 1990 organisasi di Palestina seperti Hamas melakukan aksi bom bunuh diri terhadap Israel. Hamas memiliki alasan tidakan tersebut dilakukan karena Israel membantai warga Palestina. Sehingga membuat kesepakatan damai seakan gagal dan membuat konflik semakin panjang sampai saat ini. Walaupun sudah banyak solusi kesepakatan damai dilakukan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16 TNI-AU - www.hobbymiliter.com

Beginilah Asal Usul Kelahiran Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon

0
Asal Usul Kelahiran Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon - HobbyMiliter.com - Kelahiran F-16 Fighting Falcon dipicu oleh rendahnya mutu manuver pesawat-pesawat AS dalam Perang...
S-400 Missile System-FeatureImage

S-400 Missile System Details

Recent Comments