Thursday, October 6, 2022
HomeBlog MiliterSejarahLatar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Latar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Didukung dengan kondisi politik, sosial serta ekonomi Indonesia yang saat itu kurang baik, PKI pun meluaskan pengaruh mereka ke masyarakat kecil dengan menebar janji mereka akan mendapat kehidupan serta kesejahteraan yang lebih baik dari saat itu. Buaian janji PKI tersebut masuk ke telinga dan hati masyarakat kecil yang tidak memahami arti komunis sesungguhnya.

Sebelum peristiwa G30SPKI terjadi, sudah banyak pemberontakan lain sebagai latar belakang G30SPKI yang terjadi sejak pemberontakan PKI di tahun 1948 saat PKI di bawah pimpinan Muso memproklamasikan Soviet Republik Indonesia di Madiun. Walau pemberontakan tersebut berhasil diatasi TNI tanggal 30 September 1948, namun masih sering terjadi kekacauan akibat pemogokan berbagai organisasi di bawah PKI, berbagai aksi kekerasan dari ormas PKI yang terjadi di berbagai wilayah seluruh Indonesia dengan jargon politik bernada kekerasan seperti misalnya Ganyang Kabir, Ganyang Nekolim, Ganyang Tujuh Setan Kota dan berbagai jargon lainnya hingga puncak pemberontakan mereka yang dikenal dengan peristiwa G30SPKI.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

18-as-dan-korut-terapkan-sanksi-ekonomi-baru-bagi-korut

AS dan Korsel Terapkan Sanksi Ekonomi Baru Bagi Korut

0
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat dan sekutunya di Asia Timur kembali memperketat hukuman di bidang ekonomi atas Korea Utara, setelah Senat AS mengeluarkan sanksi terbaru dan...

Recent Comments