Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterReferensiMakna Sumpah Pemuda: Dulu dan Masa Kini

Makna Sumpah Pemuda: Dulu dan Masa Kini

Dengan memahami makna Sumpah Pemuda satu ini secara mendalam diharapkan dapat bantu menumbuhkan semangat juang guna mendapat tujuan tertentu walau dilanda berbagai rintangan hidup seperti halnya yang dialami generasi pendahulu mereka.

Memaknai Rasa Cinta Tanah Air dan Bangsa

Kemerdekaan Indonesia diperoleh sebagai buah hasil perjuangan serta pengorbanan rakyat Indonesia, baik pengorbanan jiwa maupun harta benda mereka selama ratusan tahun. Sama halnya dengan Sumpah Pemuda yang merupakan cerminan pengakuan rasa cinta tanah air dan bangsa yang dimiliki serta ditunjukkan para pemuda dan pemudi Indonesia hingga mendorong mereka untuk melakukan perjuangan dalam satu kesatuan.

Menumbuhkan Kebanggaan Masyarakat Sebagai Bangsa Indonesia

Saat ikrar Sumpah Pemuda dibacakan terpancar raut kebanggaan pada diri para pemuda dan pemudi akan isi kalimat yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut seharusnya juga dirasakan generasi muda penerus bangsa, mereka seharusnya juga merasa bangga akan tanah air dan bangsa Indonesia yang merupakan negara dengan keunikan tersendiri serta memiliki beragam suku, budaya, agama, ras, agama, dan lainnya yang mesti dihargai, dihormati serta dilestarikan.

BACA JUGA :  Pengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Zaman Arkaekum
Menekankan Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia

Makna Sumpah Pemuda lainnya terkait dengan perkembangan bahasa Indonesia yang sejak saat itu dijadikan sarana bercakap-cakap dan komunikasi utama yang menyatukan berbagai suku di seluruh Indonesia. Penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi pun dikukuhkan dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 36.

Akan tetapi seiring berkembangnya modernisasi, banyak generasi muda penerus bangsa yang kerap memodifikasi bahasa Indonesia hingga tidak memiliki arti jelas dan memakainya sebagai bahasa pergaulan di kalangan mereka. Akibat nyatanya adalah banyaknya generasi muda yang tidak memahami kaidah berbahasa yang tepat dan baik hingga mereka sulit mengungkapkan pikiran dan ide mereka dan kemudian hari akan mempengaruhi intelegensi dan nasionalisme mereka.

BACA JUGA :  Asas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional
Mengajak Masyarakat Untuk Menjaga Keutuhan Serta Kedaulatan Bangsa

Dengan dianutnya asas demokrasi di kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, asas demokrasi juga diterapkan dalam pengambilan keputusan hasil Kongres Pemuda II hingga berhasil mencapai kesepakatan dalam merumuskan ikrar Sumpah Pemuda. Hal tersebut memunculkan makna Sumpah Pemuda yang mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk mempersatukan bangsa yang diawali dengan persatuan berbagai organisasi pemuda seluruh daerah Indonesia saat itu.

Sementara makna Sumpah Pemuda ini bagi para generasi muda penerus bangsa di zaman milenial ini sudah seharusnya ditanamkan kembali lewat pendidikan formal yang mendalam guna menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme mereka.

Salah satu tantangan terbesar generasi muda penerus bangsa adalah perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih hingga mereka terbiasa memperoleh kemudahan dalam menjalani hidup mereka dan memicu munculnya cara pikir pragmatis serta rendahnya semangat juang guna memperoleh tujuan hidup.

BACA JUGA :  Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI

Tidak sedikit pula yang menyalahgunakan atau memakai kecanggihan teknologi tersebut secara tidak bijak hingga terjadi perubahan perilaku dan moral generasi milenial tersebut dimana mereka akan bertumbuh menjadi manusia yang kurang peka terhadap kehidupan sosial dalam masyarakat, lebih mementingkan diri sendiri serta tidak memperdulikan kondisi masyarakat dan negara Indonesia.

Rohaniawan Benny Susetyo atau Romo Benny selaku Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP beranggapan bahwa generasi muda zaman milenial ini harus memaknai nasionalisme dalam Sumpah Pemuda dalam konteks digital guna menghadapi berbagai perubahan cepat yang terjadi. Menurutnya, peranan generasi muda tersebut untuk ke depannya adalah agar mereka mampu mengaktualisasikan nilai persatuan dan keragaman demi mewujudkan nilai Pancasila terutama dalam hal merawat ingatan akan kemajemukan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

INS Betwa Slipped at Dock

INS Betwa Terbalik Di Dok Perbaikan

0
HobbyMiliter.com - Sebuah kapal perang dari jenis Frigate milik Angkatan Laut India dilaporkan mengalami insiden pada saat berada di Dok perbaikan. Kapal dengan nama...

Recent Comments