Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Berbagai surat Kartini yang berbahasa Inggris juga diterjemahkan oleh Agnes L. Symmers, bahkan berbagai surat Kartini juga pernah diterjemahkan ke bahasa Jawa dan Sunda. Dengan terbitnya berbagai surat Kartini yang merupakan perempuan pribumi menarik perhatian masyarakat Belanda.

Pemikiran Kartini yang tertuang dalam suratnya tersebut mulai mempengaruhi dan mengubah pandangan masyarakat Belanda akan perempuan pribumi di Jawa serta menjadi inspirasi bagi para tokoh kebangkitan nasional Indonesia, seperti W. R, Supratman yang menciptakan lagu dengan judul Ibu Kita Kartini. Lagu yang menggambarkan inti perjuangan emansipasi wanita tersebut sampai sekarang sangatlah populer di kalangan siswa seluruh nusantara.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pos Perbatasan Badau Kapuas Hulu

Pos Perbatasan Badau Kapuas Hulu

0
HobbyMiliter.com - Menjadi anggota TNI haruslah bersedia ditempatkan dimana saja, termasuk di lingkungan yang spartan. Foto ini diambil dari atas Pos Perbatasan Badau Kapuas...

Recent Comments