Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Belanda yang sedang berjuang mengatasi krisis keuangan akibat peperangan di Eropa terpaksa mengeluarkan uang kertas guna dipakai dalam perdagangan dengan penduduk lokal dimana dalam pelaksanaannya menimbulkan masalah di kemudian hari. Belanda mewajibkan rakyat menerima uang kertas dalam transaksi di toko Belanda namun Belanda sendiri memaksa rakyat membayar pakai uang logam zaman VOC dan menolak uang kertas. Kecurangan Belanda tersebut menjadi salah satu pemicu kemarahan rakyat selain diberlakukannya kembali sistem monopoli perdagangan ala VOC, pemberlakuan kembali kerja rodi serta diberlakukannya Pelayaran Hongi yaitu monopoli rempah dan Hak Ekstirpasi atau hak memusnahkan pohon pala dan cengkeh yang tidak ikut aturan monopoli.

BACA JUGA :  Kisah Praka Soeprapto : Lengan Kirinya Tertembak GAM

Sejarah Perang Pattimura di Maluku

Kondisi memprihatinkan rakyat semasa pendudukan Belanda tersebut mendorong digelarnya berbagai pertemuan rahasia dengan tujuan mencari jalan keluar dari kondisi tersebut. Salah satunya adalah pertemuan yang dilakukan di Pulau Saparua yang di kemudian hari menjadi cikal bakal perang Pattimura.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

58 Sniper Siap Amankan Kedatangan Jokowi

58 Sniper Siap Amankan Kedatangan Jokowi

0
Hobbymiliter.com - Presiden Jokowi akan meninjau proyek pembangunan jalan tol Medan-Binjai dan reaktivasi jalur kereta api Sumut-Aceh di Kota Binjai. Rombongan rencananya akan bermalam di...

Recent Comments