Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Bulan Mei 1817, Thomas Matulessy yang merupakan mantan prajurit didikan Inggris dan sudah kembali ke kampung halam di Haria, pulau Saparua, mengadakan pertemuan rahasia dengan rekan lain yang pernah menjadi milisi Inggris, seperti Philip Latumahina, Thomas Pattiwael, Anthony Reebok serta Christina Martha Tiahahu..

Para pemuda pun mendaulat Thomas Matulessy sebagai pemimpin mereka untuk melawan Belanda serta memberi gelar Pattimura, yang dianggap mengandung kharisma karena pernah dipakai para nenek moyang Matulessy yang berasal dari Seram.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1-robot-tempur-bergabung-dengan-militer-rusia-2016

2016, Robot Tempur Bergabung Dalam Militer Rusia

0
Hobbymiliter.com - Rusia akan meluncurkan beragam awak robot inovatif untuk mengoptimalkan kinerja angkatan bersenjatanya pada tahun 2016 ini. "Sistem robot lanjutan generasi terbaru ini yang dirancang...

Recent Comments