Thursday, August 11, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Peristiwa Perang Ambarawa

Sejarah Peristiwa Perang Ambarawa

Pasukan NICA atau Nederlandsch Indie Civil Administratie kemudian menyusul mendarat di Semarang dengan niat merebut kembali kekuasaan. Niat mereka tersebut didasarkan pada anggapan Belanda yang merasa masih punya hak sesuai perjanjian Inggris dan Belanda yang disebut Civil Affairs Agreement tanggal 24 Agustus 2945. Dalam perjanjian tersebut diatur pemindahan kekuasaan di Indonesia dari British Military Administration kepada NICA.

Karena itulah pasukan sekutu kemudian bukan hanya membebaskan para bekas tawanan perang Eropa, sekutu juga mempersenjatai mereka dengan maksud ingin menduduki Magelang. Hal tersebut mengakibatkan terjadi insiden di Magelang tanggal 26 Oktober 1945 yang memuncak dengan terjadinya pertempuran antara pasukan sekutu atau Inggris melawan pasukan TKR Resimen Magelang pimpinan Letkol M. Sarbini. Namun insiden berhasil diredakan saat Presiden Soekarno dan Brigadir Jenderal Bethell dari Sekutu mendatangi Magelang tanggal 2 November 1945.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Grup 1 Kopassus Serang

Profil Grup 1 Kopassus Serang

2
HobbyMiliter.com - Profil Grup 1 Kopassus Serang. Sejarah terbentuknya Grup 1 Kopassus (Komando Pasukan Khusus) TNI-AD sudah pasti tidak bisa dilepaskan dengan sejarah berdirinya...

Recent Comments