Friday, April 26, 2024
HomeKepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Kepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Pasukan Turki yang merangsek masuk ke kota Jarablus, timur laut Suriah. Sumber: Reuters
Pasukan Turki yang merangsek masuk ke kota Jarablus, timur laut Suriah. Sumber: Reuters

Posisi Turki di perbatasan Suriah semakin mengundang banyak korban. Sejak mengadakan Operation Euphrates Shield pada 24 Agustus silam, satu tentara Turki berpangkat sersan dan dua tentara lainnya dilaporkan terluka setelah terkena serangan rudal anti-tank di selatan kota Jarablus.

Amerika Serikat awalnya memberi bantuan lewat serangan udara untuk mempermudah gerak Turki, namun bantuan tersebut ditarik dua hari setelah pasukan paramiliter Free Syrian Army, kelompok oposisi yang juga didukung oleh AS, melaporkan ingin menguasai beberapa desa di selatan Jarablus.

BACA JUGA :  Rusia Terima Sistem Peluncur Roket Tornado-S Termutakhir

“Tadinya kami memang mendukung mereka (Turki),” kata Votel soal pergerakan pasukan Turki ke perbatasan Suriah. Namun “kami terpaksa menarik dukungan” karena AS melihat Turki memiliki ambisi yang lebih besar ketimbang hanya sekadar mengusir ISIS dari perbatasan tersebut dan malah merangsek ke arah selatan Jarablus yang sudah dikuasai Free Syrian Army.

“Sejauh ini, kehadiran pasukan Turki tidak mengancam keberadaan sekitar 300 pasukan US Special Forces yang ditempatkan di Suriah untuk melatih dan memberi saran kepada pasukan oposisi, termasuk YPG,” kata Votel.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

68-tiongkok-kembangkan-antonov-225

Tiongkok Resmi Kembangkan Antonov 225 Milik Ukraina Sebagai Peluncur Antariksa

0
Hobbymiliter.com - Ukraina mengatakan bahwa pihaknya akan menyuplai unit pesawat terbesar di dunia, Antonov 225 kepada Tiongkok dalam kurun lima tahun ke depan. Pesawat AN-225...

Recent Comments