Wednesday, November 30, 2022
HomeKepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Kepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Pasukan Turki yang merangsek masuk ke kota Jarablus, timur laut Suriah. Sumber: Reuters
Pasukan Turki yang merangsek masuk ke kota Jarablus, timur laut Suriah. Sumber: Reuters

Posisi Turki di perbatasan Suriah semakin mengundang banyak korban. Sejak mengadakan Operation Euphrates Shield pada 24 Agustus silam, satu tentara Turki berpangkat sersan dan dua tentara lainnya dilaporkan terluka setelah terkena serangan rudal anti-tank di selatan kota Jarablus.

Amerika Serikat awalnya memberi bantuan lewat serangan udara untuk mempermudah gerak Turki, namun bantuan tersebut ditarik dua hari setelah pasukan paramiliter Free Syrian Army, kelompok oposisi yang juga didukung oleh AS, melaporkan ingin menguasai beberapa desa di selatan Jarablus.

BACA JUGA :  Mengenal Mitsubishi T-2, Pesawat Jet Tempur Latih Buatan Jepang

“Tadinya kami memang mendukung mereka (Turki),” kata Votel soal pergerakan pasukan Turki ke perbatasan Suriah. Namun “kami terpaksa menarik dukungan” karena AS melihat Turki memiliki ambisi yang lebih besar ketimbang hanya sekadar mengusir ISIS dari perbatasan tersebut dan malah merangsek ke arah selatan Jarablus yang sudah dikuasai Free Syrian Army.

“Sejauh ini, kehadiran pasukan Turki tidak mengancam keberadaan sekitar 300 pasukan US Special Forces yang ditempatkan di Suriah untuk melatih dan memberi saran kepada pasukan oposisi, termasuk YPG,” kata Votel.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

67-pentagon-lakukan-serangan-cyber-melawan-isis

Pentagon Mulai Serangan Cyber Atas Komando Kontrol ISIS

0
Hobbymiliter.com - Pentagon mengatakan pihaknya akan meningkatkan serangan cyber (siber) melawan ISIS, mengutip peran teknologi yang semakin krusial untuk melawan kelompok teroris di Timur...

Recent Comments